PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL MELALUI MEDIASI PADA DINSOSNAKERTRANS KOTA YOGYAKARTA (STUDI PERSPEKTIF MAQASHID SYARI’AH)

HENDRI SALEH, NIM. 12380048 (2016) PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL MELALUI MEDIASI PADA DINSOSNAKERTRANS KOTA YOGYAKARTA (STUDI PERSPEKTIF MAQASHID SYARI’AH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL MELALUI MEDIASI PADA DINSOSNAKERTRANS KOTA YOGYAKARTA (STUDI PERSPEKTIF MAQASHID SYARI’AH))
12380048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL MELALUI MEDIASI PADA DINSOSNAKERTRANS KOTA YOGYAKARTA (STUDI PERSPEKTIF MAQASHID SYARI’AH))
12380048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta adalah sebuah lembaga pemerintah yang salah satu tugasnya adalah menyelesaikan perselisihan hubungan industrial pada tingkat mediasi. Perselisihan hubungan industrial sesuai dengan Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang No. 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial menjelaskan bahwasanya Perselisihan Hubungan Industrial adalah perbedaan pendapat yang mengakibatkan pertentangan antara pengusaha atau gabungan pengusaha dengan pekerja/buruh atau serikat pekerja/serikat buruh karena adanya perselisihan mengenai hak, perselisihan kepentingan, perselisihan pemutusan hubungan kerja dan perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh dalam satu perusahaan. Dari perselisihan ini, penulis tertarik untuk meneliti lebih mendalam mengenai bagaimana pola penyelesaian perselisihan hubungan industrial pada Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta ? dan bagaimana pertimbangan penyelesaian perselisihan hubungan industrial pada Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta, yang kemudian dikaji melalui bagaimana perspektif kemaslahatan dharuriyyat, hajiyyat dan tahsiniyyat dalam maqashid syari’ah al-Syaribi. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan Penelitian Lapangan (field reaseach), yaitu fokus penelitian di Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta dan beberapa perusahaan dan pekerja yang ada di Kota Yogyakarta. Dengan sifat deskriptif kualitatif, termasuk dalam metode studi kasus (case studied). Dimana penyusun melakukan ekplorasi mendalam terhadap penyelesaian perselisihan hubungan industrial pada Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data dan dalam waktu yang berkesinambungan. Lima objek material yang peneliti analisis menunjukkan bahwa melalui Dinsosnakertrans kota Yogyakarta perselisihan antara pekerja dan pengusaha tercapai kemaslahatan bersama. Dimana pekerja mendapatkan hak-hak yang dituntut sesuai dengan peraturan yang ada. Adapun kemaslahatan yang dicapai oleh pekerja dan pengusaha adalah kemaslahatan al-hajiyyah yang dibutuhkan untuk mempermudah tercapainya kebutuhan yang sifatnya daruriyyat dan mengurangi hal-hal yang mempersulit terwujudnya maslahah daruriyyat. Akhirnya penulis memperoleh kesimpulan bahwa penyelesaian perselisihan hubungan industrial melalui mediasi ini telah sesuai dengan maqasid syari’ah. Kemaslahatan tidak hanya menyangkut materil, naum juga immateril seperti hifd al-irdi, hifd nafs mejaga keturunan, harga diri dan ketidak adilan. Maqasid syari’ah yang peneliti gunakan disini adalah maslahah al-hajiyyat. Ukuran dari maslahah ini adalah tercapainya maslahah apabila maslahah ini tidak tercapai maka tidak sampai merusak, namun maslahah ini sebagai cara untuk mencapai maslahah daruriyyat. Pada penelitian perselisihan ini penulis menemukan 2 perselisihan diselesaikan melalui bipartit dan 3 melalu tripartit (mediasi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Hamim Ilyas, M.Ag
Uncontrolled Keywords: .
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Oct 2016 08:04
Last Modified: 06 Oct 2016 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22299

Actions (login required)

View Item View Item