PENGARUH BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

SITI ROBIYAH AWALIYAH, NIM. 12220006 (2016) PENGARUH BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
12220006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
12220006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya indikasi penurunan kedisiplinan siswa. Berdasarkan hasil observasi penelitian di MTs YAPI Pakem, banyak siswa yang berperilaku tidak disiplin diantaranya terlambat masuk kelas, keluar masuk kelas ketika jam pelajaran berlangsung, tidak sekolah tanpa keterangan, tidak mengerjakan PR, menyontek, dan lain sebagainya. Kedisiplinan siswa tersebut diduga dipengaruhi oleh faktor Bimbingan Pribadi. Tujuan penelitian untuk mengetahui berapa besar pengaruh bimbingan pribadi terhadap kedisiplinan siswa MTs YAPI Pakem. Bimbingan pribadi ialah bimbingan dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah pribadi. Kedisiplinan siswa adalah kepatuhan dan ketaatan siswa terhadap berbagai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolahnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan ex post facto, penelitian lapangan ini dilakukan melalui kuesioner yang diajukan langsung kepada responden untuk dianalisis untuk menguji hipotesis. Sampel yang diambil sebanyak 105 orang dari total populasi 229. Untuk menentukan besarnya ukuran sampel yang diteliti adalah dengan menggunakan cluster random sampling sebanyak tiga kelas, 1 kelas setiap angkatan. Taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5%. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Setelah penulis melakukan penelitian, dapat diketahui bahwa variabel X (bimbingan pribadi) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (kedisiplinan siswa). Besarnya pengaruh bimbingan pribadi terhadap kedisiplinan siswa sebesar 0,291. Berarti 29,1% kedisiplinan siswa dipengaruhi oleh variabel independen bimbingan pribadi, sedangkan sisanya sebesar 70,90% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S. Ag., M. Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pribadi dan Kedisiplinan Siswa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Oct 2016 10:53
Last Modified: 07 Oct 2016 10:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22322

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum