NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BUKU PASEMON ING TATACARA LAN UPACARA PENGANTEN SURAKARTA KARYA MAS NGABEHI SUSENO PRIYO SUSENO

EKO WIBOWO, NIM. 09410122 (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BUKU PASEMON ING TATACARA LAN UPACARA PENGANTEN SURAKARTA KARYA MAS NGABEHI SUSENO PRIYO SUSENO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BUKU PASEMON ING TATACARA LAN UPACARA PENGANTEN SURAKARTA KARYA MAS NGABEHI SUSENO PRIYO SUSENO)
09410122_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BUKU PASEMON ING TATACARA LAN UPACARA PENGANTEN SURAKARTA KARYA MAS NGABEHI SUSENO PRIYO SUSENO)
09410122_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Eko Wibowo. Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Buku Pasemon Ing Tatacara Lan Upacara Penganten Surakarta Karya Mas Ngabehi Suseno Priyo Suseno. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya budaya bangsa yang mengandung banyak pesan kebaikan sesuai ajaran agama islam tetapi terabaikan oleh pengaruh budaya dari luar yang kurang sesuai dengan nilai yang dianut oleh agama islam. Salah satu budaya yang di dalamnya terdapat nilai dan pesan kebaikan yang sesuai dengan ajaran islam adalah prosesi pernikahan adat keraton Surakarta.Dalam prosesi pernikahan adat keraton Surakarta tentunya terdapat nilai edukasi yang bisa diambil sebagai hikmah dari sebuah pesta pernikahan. Karena penikahan merupakan sunnah rosul, penelitian ini mencoba untuk menggali nilainilai Pendidikan Agama Islam yang terkandung dalam prosesi pernikahan adat keraton Surakarta. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencari relevansi antara prosesi pernikahan adat yang merupakan produk kebudayaan dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang merupakan bagian dari produk agama yang menjadi pondasi segala bentuk penghambaan diri pada Tuhan. Pencarian makna yang berupa nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam prosesi pernikahan adat Surakarta menjadi penting, karena untuk mengkaitkan prosesi produk kebudayaan dengan pendidikan, serta sebagai media untuk mengkomunikasikan produk kebudayaan melalui pendidikan Penelitian ini merupakan penelitian literature yang berjenis content analisys. Penelitian ini mengambil data dari buku Pasemon Ing Tatacara Lan Upacara Penganten Surakarta Karya Mas Ngabehi Suseno Priyo Suseno. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan proses content analisys. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosesi pernikahan adat Keraton Surakarta memiliki tata cara yang khas. Dalam keluarga tradisional, upacara pernikahan dilakukan menurut tradisi turun-temurun yang terdiri dari banyak subupacara, yaitu: Panembung, Paningset, Liru Kalpika, Sowan Leluhur, Wilujengan, Pasang Tarub, Tuwuhan, Siraman, Paes, Sesadeyan Dawet, Sengkeran, Mododareni, Ijab/Nikah, Panggih, Sepasaran, Lan Wilujengan. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkadung di dalam prosesi pernikahan adat keratin surakarata meliputi nilai pendidikan i’tiqodiyah, nilai pendidikan amaliyah, dan nilai pendidikan khuluqiyah. Nilai pendidikan i’tiqodiyah berarti nilai keimanan kepada Allah, nilai pendidikan amaliyah sebagai bentuk implementasi dalam bentuk ibadah dan muamalah, dan nilai pendidikan khuluqiyah merupakan output dari keimanan, ibadah, dan muamalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Oct 2016 13:07
Last Modified: 07 Oct 2016 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22326

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum