TINJAUAN PSIKOLOGI HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA

Rofiatul Khakimah NIM: 03420312, (2009) TINJAUAN PSIKOLOGI HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Arab kelas IV SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta yang mencakup suasana pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran, materi pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan untuk mengetahui kesesuaian pola pembelajaran bahasa Arab dengan prinsip-prinsip belajar humanistik, yaitu hasrat untuk belajar, belajar yang berarti, belajar tanpa ancaman, belajar atas inisiatif sendiri, belajar dan perubahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menganalisis tentang penerapan prinsip-prinsip belajar humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV SDIT Alam NUrul ISlam Yogyakarta. Analisis dilakukan dengan melakukan pengamatan, observasi pembelajaran dan lingkungan sekitar serta wawancara dengan kepala sekolah, siswa dan beberapa gurur yang bersangkutan. Hasil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran bahasa Arab di SDIT Alam Nurul ISlam Yogyakarta cukup relevan dengan prinsip-prinsip belajar humanistik. Metode pembelajaran yang menarik dan yang menyenangkan menjadikan siswa lebih bersemangat dalam belajar, tidak cepat bosan dan lebih mudah untuk diketahui dan dipahami siswa. HAl ini juga tidak terlepas dari lingkungan sekolah yang nyaman dan mengasyikkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Psikologi, Humanistik, Pembelajaran, Bahasa Arab,
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2233

Actions (login required)

View Item View Item