EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW DAN CIRC BERBANTUAN LKS BERBASIS PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP

ASIF MAFTUHIN, NIM. 11600002 (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW DAN CIRC BERBANTUAN LKS BERBASIS PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW DAN CIRC BERBANTUAN LKS BERBASIS PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP)
11600002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW DAN CIRC BERBANTUAN LKS BERBASIS PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP)
11600002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas model pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis PMRI, model pembelajaran CIRC berbantuan LKS berbasis PMRI dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) efektivitas model pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis PMRI, model pembelajaran CIRC berbantuan LKS berbasis PMRI dan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran TTW dan CIRC serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 10 Yogyakarta sedangkan penelitiannya adalah Kelas VIII A, Kelas VIII B, dan Kelas VIII C. Instrumen penelitian berupa pretest-postest dan pra angket-pos angket sedangkan instrumen pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis PMRI. Teknik analisis data tes menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji One Way Anova yang dilanjutkan dengan uji Tukey. Untuk teknik analisis data angket menggunakan uji Analisis Kovarian. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) model pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis PMRI lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (2) model pembelajaran CIRC berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (3) Model pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis PMRI lebih efektif dibanding model pembelajaran CIRC berbantuan LKS berbasis PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (4) model pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa (5) model pembelajaran CIRC berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa (6) model pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif dibanding model pembelajaran CIRC berbantuan LKS berbasis PMRI terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Efektivitas, TTW, CIRC, PMRI, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, TTW, CIRC, PMRI, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Dec 2016 01:51
Last Modified: 05 Dec 2016 01:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22336

Actions (login required)

View Item View Item