MANAJEMEN PELAYANAN KONSELING TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KDRT DI P2TPA “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA

SHOLIKHATUN NI’MAH, NIM. 12220121 (2016) MANAJEMEN PELAYANAN KONSELING TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KDRT DI P2TPA “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAYANAN KONSELING TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KDRT DI P2TPA “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA)
12220121_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN KONSELING TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KDRT DI P2TPA “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA)
12220121_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (671kB)

Abstract

Kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT sering merugikan perempuan dan anak sebagai korban. Sehingga dibutuhkan lembaga yang mewadahi pengaduan dan penanganan korban kekerasan supaya tidak berlanjut tragis. Adapun pengelolaan dalam memberikan pelayanan konseling suatu lembaga menjadi perhatian penting terkait aktivitas yang terjadi didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas manajemen atau pengelolaan pelayanan konseling yang terdapat di P2TPA KK “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta dalam menangani kasus kekerasan rumah tangga. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas manajemen pelayanan konseling yang ada di P2TPA KK “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta adalah pertama, planning meliputi perumusan bentuk pelayanan konseling terhadap perempuan yang mengalami kekerasan fisik dan psikis, serta anak korban penelantaran yang berupa penerimaan pengaduan, konsultasi, dan pendampingan bagi korban kekerasan dalam rumah tangga, khususnya perempuan dan anak. Kedua, organizing meliputi pengelompokan pelayanan konseling oleh konselor setelah melalui proses identifikasi kasus. Ketiga, actuating meliputi penanganan secara langsung korban kekerasan melalui konseling medis, konseling psikologi, konseling hukum, konseling sosial dan pengasuh. Keempat, controlling meliputi pengawasan pelaksanaan konseling oleh konselor terhadap korban. Kelima, foollow up meliputi pemantauan korban setelah mendapatkan pelayanan konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan Konseling, Korban KDRT
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Oct 2016 08:56
Last Modified: 10 Oct 2016 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22344

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum