EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DIPADUKAN METODE KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN BERWAWASAN NILAI KEISLAMAN

Moh Ali Nasihul Amin, NIM. 11600042 (2016) EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DIPADUKAN METODE KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN BERWAWASAN NILAI KEISLAMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DIPADUKAN METODE KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN BERWAWASAN NILAI KEISLAMAN)
11600042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DIPADUKAN METODE KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN BERWAWASAN NILAI KEISLAMAN)
11600042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dipadukan metode kooperatif Tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) dengan materinya berwawasan nilai keislaman terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs N Yogyakarta II dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dipadukan metode kooperatif Tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) dengan materinya berwawasan nilai keislaman, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di MTs N Yogyakarta II tahun ajaran 2015-2016, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pemberian pretest dan posttest. Instrumen tes yang digunakan disusun berdasarkan indikator pemahaman konsep. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t independent sample t test terhadap nilai n-gain hasil tes pemahaman konsep matematika. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dipadukan Metode Kooperatif Tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) dengan materinya berwawasan nilai keislaman lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika. Kata Kunci : Efektivitas, Contextual Teaching and Learning (CTL), Everyone is a Teacher Here (ETH), Berwawasan Nilai Keislaman, Pemahaman Konsep Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mulin Nu’man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Contextual Teaching and Learning (CTL), Everyone is a Teacher Here (ETH), Berwawasan Nilai Keislaman, Pemahaman Konsep Matematika.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Nov 2016 10:39
Last Modified: 28 Nov 2016 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22348

Actions (login required)

View Item View Item