EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DIPADUKAN DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA

Dwi Agustina, NIM. 11600049 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DIPADUKAN DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DIPADUKAN DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA)
11600049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DIPADUKAN DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA)
11600049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PMRI dipadukan dengan metode NHT terhadap pemahaman relasional siswa. Materi pada penelitian ini difokuskan pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu pendekatan PMRI yang dipadukan dengan metode NHT, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman relasional siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa pretest dan posttest. Instrumen soal yang digunakan disusun berdasarkan indikator pemahaman relasional. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji nonparametrik Mannwhitney terhadap nilai gain hasil tes pemahaman relasional dengan bantuan SPSS 16. Hasil uji Mann-whitney untuk data gain kemampuan pemahaman relasional dengan tingkat signifikansi 0,05 diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PMRI yang dipadukan dengan metode NHT lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman relasional siswa. Kata Kunci : Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Numbered Heads Together, Pemahaman Relasional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Numbered Heads Together, Pemahaman Relasional
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Dec 2016 08:04
Last Modified: 16 Dec 2016 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22349

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum