KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DALAM MEMILIH DAN MENGGUNAKAN MEDIA PENGAJARAN DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA

Sri Rahmawati NIM: 0342 0262, (2009) KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DALAM MEMILIH DAN MENGGUNAKAN MEDIA PENGAJARAN DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Kompetensi yang dimiliki guru Bahasa Arab dalam memilih dan menggunakan media pengajaran. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru khususnya dalam hal kompetensi guru demi terlaksananya proses pembelajaran bahasa Arab yang lebih baik menuju tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil latar Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Luqman Al Hakim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi yang dimiliki oleh guru bahasa Arab dalam mengelola proses pembelajaran di SDIT Luqman Al Hakim dalam kondisi sebagai berikut: 1) Guru di SDIT sudah melakukan persiapan mengajar sebelum memasuki kelas, yang dituangkan dalam Rancangan Pembelajaran (RP) yang memuat kompetensi dasar, hasil belajar, indikator, materi pokok dan langkah pembelajaran, termasuk media pengajaran yang akan digunakan. Faktor-faktor yang diperhatikan guru bahasa Arab dalam memilih dan menggunakan media pengajaran adalah media tersebut sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, materi yang akan disampaikan dan waktu yang tersedia.2) Guru bahasa Arab di SDIT Luqman Al Hakim menilai efektivitas penggunaan media dari dua sisi, yaitu: (a) Efektivitas dari segi proses, yaitu dari serangkaian proses pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan dengan menggunakan media pengajaran ternyata sangat efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari semangat dan kemauan para siswa dalam mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru. (b) Efektivitas dari segi hasil, yaitu suatu keberhasilan suatu proses pembelajaran dilihat dari hasil evaluasi. Hal ini terlihat dari hasil ulangan bahasa Arab yang nilai rata-rata kelasnya adalah 88,1 dan 74,6 dan dalam proses evaluasi ini, guru bahasa Arab di SDIT Luqman Al Hakim selain berpedoman pada evaluasi yang diprogramkan oleh sekolah, juga melakukan evaluasi/ penilaian berbasis kelas yang meliputi, ujian harian, penugasan dan sebagainya. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam proses pengajaran bahasa Arab di SDIT Luqman Al Hakim adalah sebagai berikut: (a) Faktor pendukung adalah Kreatifitas guru bahasa Arab dalam memilih dan menggunakan media pengajaran.dan penggunaan tehnik/cara pengajaran guru SDIT Luqman Al Hakim yang bervariasi. (b) Faktor penghambat adalah Fasilitas/media pengajaran yang belum begitu memadai dan ketersediaannya waktu yang terbatas. 4) Upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru adalah melalui; (a) Seleksi calon guru yang selektif (b) KKG (Kelompok Kerja Guru) (c) Pelatihan (Worksop, Seminar dan pelatihan) (d) Supervisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Maksudin, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Guru, Bahasa Arab, Media Pengajaran
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2235

Actions (login required)

View Item View Item