EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

KARTIKA PRAMUDITA, NIM. 12600007 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA)
12600007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA)
12600007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan komunikasi dunia saat ini semakin pesat sehingga sumber daya manusia yang diperlukan harus memiliki kualitas yang tinggi. National Research Council dari Amerika Serikat dalam Shadiq (2014: 1-2) menyatakan bahwa: „Communication has created a world economy in which working smarter is more important than merely working harder. ... require worker who are mentally fit – workers who are prepared to absorb new ideas, to adapt to change, to cope with ambiguity, to perceive patterns, and to solve unconventional problems.‟ Kutipan di atas menyatakan bahwa komunikasi telah menciptakan ekonomi dunia yang lebih membutuhkan pekerja cerdas daripada pekerja keras. Pekerja cerdas yang dimaksud adalah para pekerja yang mampu mencerna ide-ide baru, menyesuaikan diri terhadap perubahan, menangani ketidakpastian, menemukan keteraturan, dan mampu memecahkan masalah yang tidak lazim. Dari uraian tersebut jelas bahwa manusia yang diperlukan saat ini adalah manusia yang memiliki pemikiran cerdas sehingga perlu adanya upaya untuk melatih kemampuan berpikir manusia. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab IV, dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Tidak terdapat pengaruh gabungan (interaksi) antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap pemahaman konsep matematika. 2. Tidak terdapat pengaruh gabungan (interaksi) antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. 3. Pembelajaran matematika berbasis masalah lebih efektif terhadap pemahaman konsep matematika siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. ` 4. Pembelajaran matematika berbasis masalah lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. 5. Pembelajaran matematika berbasis masalah berbantuan LKS dengan pendekatan kontekstual lebih efektif terhadap pemahaman konsep matematika siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional 6. Pembelajaran matematika berbasis masalah berbantuan LKS dengan pendekatan kontekstual lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. 7. Pembelajaran matematika berbasis masalah berbantuan LKS dengan pendekatan kontekstual lebih efektif terhadap pemahaman konsep matematika siswa dibandingkan dengan pembelajaran matematika berbasis masalah. 8. Pembelajaran matematika berbasis masalah berbantuan LKS dengan pendekatan kontekstual lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mulin Nu’man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Matematika, LKS, Lembar Kerja Siswa
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:38
Last Modified: 29 Nov 2016 04:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22352

Actions (login required)

View Item View Item