“PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI KEANEKARAGAMAN CAPUNG SUNGAI OYO SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA”

FUZNA SUMI UNTARI, NIM. 11680017 (2016) “PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI KEANEKARAGAMAN CAPUNG SUNGAI OYO SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (“PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI KEANEKARAGAMAN CAPUNG SUNGAI OYO SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA”)
11680017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (“PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI KEANEKARAGAMAN CAPUNG SUNGAI OYO SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA”)
11680017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sungai Oyo dan anak Sungai Kedungpoh mempunyai potensi lokal yang belum dimanfaatkan dalam pembelajaran. Salah satu potensi lokal dari Sungai Oyo adalah Capung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman capung Sungai Oyo, mengembangkan sumber belajar biologi dalam bentuk ensiklopedi, serta mengetahui kelayakan ensiklopedi keanekaragaman capung Sungai Oyo. Penelitian dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu penelitian keanekaragaman capung di Sungai Oyo. Tahap kedua adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation Evaluation). Produk yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru biologi dan siswa kelas X SMAN 1 Playen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keanekaragaman capung di Sungai Oyo dan anak Sungai Kedungpoh termasuk kategori sedang. Sungai Kedungpoh memiliki nilai indeks keanekaragaman jenis lebih tinggi (H’=2,32) dibanding Sungai Oyo (H’=2,12). Hasil tersebut berdasarkan indeks Shannon-Wiener. Famili dengan jumlah jenis dan jumlah individu terbanyak di kedua area pengamatan adalah Libellulidae (12 jenis), dan jumlah individu terbanyak yaitu 734 jumlah individu di Sungai Kedungpoh dan 705 jumlah individu di Sungai Oyo. Hasil penelitian keanekaragaman capung tersebut selanjutnya dikembangkan menjadi penelitian pengembangan. Adapun produk yang dihasilkan berupa ensiklopedi keanekaragaman capung. Hasil penilaian terhadap ensiklopedi keanekaragaman capung menurut ahli materi, ahli media, ahli bahasa, peer reviewer, guru biologi dan respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ensiklopedi yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistiyowati, M.A., M.IWM.
Uncontrolled Keywords: Sungai Oyo, Keanekaragaman Capung, Pengembangan Ensiklopedi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Oct 2016 08:41
Last Modified: 11 Oct 2016 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22376

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum