PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VIII PADA KOMPETENSI DASAR 3.7 DAN 4.6

DWI ARUM ARISTA MASITHOH, NIM. 12600014 (2016) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VIII PADA KOMPETENSI DASAR 3.7 DAN 4.6. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VIII PADA KOMPETENSI DASAR 3.7 DAN 4.6)
12600014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VIII PADA KOMPETENSI DASAR 3.7 DAN 4.6)
12600014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan Subject Specific Pedagogy (SSP) Matematika dengan pendekatan saintifik untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa SMP/ MTs kelas VIII pada kompetensi dasar 3.7 dan 4.6 yang layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model prosedural Borg and Gall yang telah disederhakan menjadi 5 langkah yaitu melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi, kemudian uji coba lapangan skala besar hingga tersusun produk akhir. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar skala penilaian SSP, lembar tes, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan SSP Matematika dengan pendekatan saintifik untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa SMP/MTs kelas VIII pada kompetensi dasar 3.7 dan 4.6 yang berisi Petikan KI dan KD, Petikan Silabus, RPP, LKS, LKS Pedoman Guru, Media Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh bahwa SSP berkualitas sangat baik dengan skor rata-rata 237 dari skor maksimal 268 dengan persentase keidealannya adalah 88,43%. SSP Matematika juga telah teruji efektif dalam memfasilitasi pemahaman konsep siswa yang ditunjukan dari nilai rata-rata post-test (73,0) yang lebih besar dari nilai rata-rata pre-test (37,9). Kinerja SSP mencapai kriteria baik dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 66,67%. Respon yang diberikan siswa terhadap pembelajaran menggunakan SSP Matematika adalah sangat positif dengan skor rata-rata 65,13 dari skor maksimal 80 dan persentase keidealannya mencapai 81,41%. Kata Kunci: Subject Specific Pedagogy (SSP), pendekatan saintifik, pemahaman konsep, kompetensi dasar 3.7 dan 4.6

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Subject Specific Pedagogy (SSP), pendekatan saintifik, pemahaman konsep, kompetensi dasar 3.7 dan 4.6
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Oct 2016 08:18
Last Modified: 14 Oct 2016 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22379

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum