EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TEMPURAN PADA MATERI SEGITIGA

RAHMAWATI ATIKA ANDRIANI, NIM. 12600017 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TEMPURAN PADA MATERI SEGITIGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TEMPURAN PADA MATERI SEGITIGA)
12600017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TEMPURAN PADA MATERI SEGITIGA)
12600017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kreativitas berpikir siswa, dan (2) model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map serta variabel terikat yaitu kreativitas berpikir dan minat belajar siswa. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempuran sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VII F dan VII G. Instrumen penelitian ini berupa soal pretest-posttest, preangket-postangket, lembar observasi, serta instrumen pembelajaran berupa RPP dan LKS dengan setting model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map. Teknik analisis data pretest-posttest menggunakan statistik parametrik uji t, sedangkan analisis data preangket- postangket menggunakan uji ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kreativitas berpikir siswa, dan (2) model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar siswa. Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Treffinger, Mind Map, Kreativitas Berpikir, Minat Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Dec 2016 02:17
Last Modified: 01 Dec 2016 02:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22380

Actions (login required)

View Item View Item