EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR BIOLOGI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA UII YOGYAKARTA

ALIF KHOIRUR ROHMAN, NIM. 12680010 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR BIOLOGI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA UII YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR BIOLOGI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA UII YOGYAKARTA)
12680010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR BIOLOGI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA UII YOGYAKARTA)
12680010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas: 1) model problem based learning disertai mind mapping terhadap kemandirian belajar biologi siswa, 2) model problem based learning disertai mind mapping terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa. Penelitian ini termasuk penelitian true experimental design dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas atau sampel jenuh karena semua anggota populasi dijadikan sampel. Pengambilain sampel dengan teknik simple random sampling dimana kelas XA sebagai kelas eksperimen PBL, kelas XB sebagai kelas kontrol DI.Teknik pengumpulan data dalam penelititan ini menggunakan angket untuk mengukur kemandirian belajar siswa dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney U test untuk mengukur kemandirian belajar siswa dan uji Independent sampel T-test untuk hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa 1) model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping tidak efektif terhadap kemandirian belajar siswa, dengan hasil pengujian memperoleh nilai sig lebih besar atau sama dengan 0,05 (p = 0,05 0,05), 2) model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping efektif terhadap hasil belajar siswa, dengan hasil pengujian gain score memperoleh nilai sig sebesar 0,033 lebih kecil dari 0,05 (p = 0,033 0,05)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Mind Mapping, Kemandirian belajar dan hasil belajar
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Oct 2016 08:55
Last Modified: 11 Oct 2016 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22382

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum