METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNARUNGU DI SDLB B/C BINA TARUNA MANISRENGGO KABUPATEN KLATEN

Tutik Rahayu, NIM: 02471424 (2009) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNARUNGU DI SDLB B/C BINA TARUNA MANISRENGGO KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui metode-metode apa yang diterapkan dalam pembelajaran PAI pada siswa Tunarungu di SDLB B/C Bina Taruna Manisrenggo Kabupaten klaten. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam penerapan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa Tunarungu di SDLB B/C Bina Taruna Manisrenggo Kabupaten Klaten. Populasi penelitian ini adalah guru PAI dan siswa SDLB B/C Bina Taruna Manisrenggo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( fiel research). Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun dalam menganalisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu; dengan mendeskripsikan fenomena yang ada. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pola berfikir induktif dan deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode yang diterapkan dalam pembelajaran PAI di SDLB B/C Bina Taruna Manisrenggo yaitu metode one on one adalah metode yang sesuai diterapkan untuk siswa tunarungu karena antara guru dan siswa dapat lebih jelas dalam menjelaskan materi karena satu guru untuk satu siswa, metode latihan adalah dengan menirukan apa yang disampaikan oleh guru , metode demonstrasi adalah metode yang menggabungkan penjelasan verbal dengan suatu kerja fisik ,metode ceramah: digunakan sebagai alat komunikasi lisan, metode keteladanan adalah menirukan apa yang disampaikan guru yang diucapkan atau yang dilakukan guru, metode adat kebiasaan adalah pengulangan yang sering agar menjadi kebiasaan, metode Nasihat adalah penjelasan untuk berpesan selalu berbuat baik . Pelaksanaan metode-metode tersebut diarahkan pada peningkatan keaktifan siswa dalam belajar mengajar dan tercapainya standar kompetensi siswa yang diharapkan. Penerapan metode-metode tersebut dalam proses belajar mengajar sangat erat berkaitan dan saling memepengaruhi satu sama lain. (2) Faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan metode pembelajaran PAI di SDLB B/C Bina Taruna Manisrenggo adalah sedikitnya jumlah siswa, faktor dari guru yaitu;tercukupinya standar kualifikasi kompetensi akademik, kompetensi kepribadian yaitu: karakter pribadi guru yang santun, empati, penyabar, faktor dari orang tua yaitu: dukungan orang tua murid. Sedangkan faktor yang menghambat antara lain, factor dari guru yaitu : menolerir tindakan siswa yang tidak memperhatikan pelajaran, kurang mampu mengelola waktu. Faktor dari siswa yaitu: sulitnya berkomunikasi dengan guru. Faktor dari orang tua murid yaitu: memasrahkan anaknya untuk didik sepenuhnya pada guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran, Pendidikan, Siswa, Tunarungu
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Jul 2015 00:40
Last Modified: 31 Jul 2015 00:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2239

Actions (login required)

View Item View Item