PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 BANJAR

ALIN ROSWINDA, NIM. 08690044 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 BANJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 BANJAR)
08690044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 BANJAR)
08690044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran IPA Terpadu tipe connected terhadap hasil belajar kognitif peserta didik, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik yang mengikuti model pembelajaran IPA Terpadu tipe connected. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu pre-test post-test control group desain dengan mengambil dua kelas yang dijadikan penelitian yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini hasil tes (dalam ranah kognitif) peserta didik. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar tes. Lembar tes yang digunakan adalah lembar soal tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan (1) uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas (menggunakan formulasi Kolmogorof-Smirnov), dan uji homogenitas (menggunakan uji F), (2) uji hipotesis untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik dari perbedaan rata-rata nilai secara statistik antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan menggunakan uji t, dan (3) menggunakan N-Gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kogitif peserta didik. Hasil penelitian dari penelitian yang dilakukan adalah (1) pengaruh dari model pembelajaran IPA Terpadu tipe connected terhadap hasil belajar kognitif peserta didik hasilnya lebih berpengaruh kepada kelas eksperimen (nilai post-test rata-rata yang diperoleh 8,37) dibandingkan dengan kelas kontrol (nilai post-test rata-rata yang diperoleh 7,69), (2) peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari pencapaian nilai dari masing-masing kelas yaitu kelas kontrol (nilai pre-test rata-rata 6,38 dan nilai post-test rata-rata 7,69), dan kelas eksperimen (nilai pret-test rata-rata 6,38 dan nilai post-test rata-rata 8,37),dan nilai N-Gain masing-masing kelas adalah kelas kontrol 0,1657 dan kelas eksperimen 0,1914. Maka dari kedua kelas yang dijadikan penelitian terdapat peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ika Kartika S. Pd., M. Pd. Si
Uncontrolled Keywords: connected, hasil belajar peserta didik, ranah kognitif.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Oct 2016 03:57
Last Modified: 11 Oct 2016 03:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22394

Actions (login required)

View Item View Item