PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII

ARNIZA RESTI OCTAVIANDARINIM., NIM. 09690035 (2016) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII)
09690035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII)
09690035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan modul fisika berbasis keterampilan proses sains pada materi alat-alat optik, (2) mengetahui kualitas modul fisika berbasis keterampilan proses sains pada materi alat-alat optik menurut ahli materi, ahli media, dan guru IPA SMP, dan (3) mengetahui respon peserta didik dan keterlaksanaannya terhadap modul fisika berbasis keterampilan proses sains pada materi alat-alat optik. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural, yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Thiagarajan, Semmel, dan Semmel dengan 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai tahap Develop pada uji coba luas. Teknik pengumpulan data yaitu analisis dokumen dan angket. Instrumen penelitian berupa lembar kritik dan saran untuk validator, lembar penilaian kualitas modul menggunakan skala Likert yang disajikan dalam bentuk checklist untuk ahli materi, ahli media, dan guru IPA SMP, dan lembar angket respon peserta didik menggunakan skala Likert yang disajikan dalam bentuk checklist untuk peserta didik. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) modul fisika yang dikembangkan berupa modul fisika berbasis keterampilan proses sains pada materi alat-alat optik untuk peserta didik SMP kelas VIII, (2) kualitas modul berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru IPA SMPsecara keseluruhan adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata keseluruhan secara berurutan yaitu 3,47, 3,18, dan 3,67, dan (3) respon peserta didik kelas VIII SMP terhadap modul fisika berbasis keterampilan proses sains pada materi alat-alat optikyang dikembangkan baik dalam uji coba terbatas maupun uji coba luas termasuk dalam kategori Sangat Setuju (SS) dengan skor rata-rata keseluruhan 3,43 dan 3,32. Persentase keterlaksanaan modul juga memenuhi kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 90 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul fisika berbasis keterampilan proses sains pada materi alat-alat optikyang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar mandiri untuk peserta didik SMP/MTs kelas VIII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widayanti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Modul, fisika, keterampilan proses sains, alat optik.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Oct 2016 11:08
Last Modified: 11 Oct 2016 11:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22395

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum