IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DAN ANALISIS ISI DALAM PERSPEKTIF HPS (HISTORY AND PHILOSOPHYCAL SCIENCE) BUKU AJAR FISIKA SMA/MA SEDERAJAT PADA MATERI STRUKTUR ATOM

MOH ABDUL JABAR, NIM. 11690037 (2016) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DAN ANALISIS ISI DALAM PERSPEKTIF HPS (HISTORY AND PHILOSOPHYCAL SCIENCE) BUKU AJAR FISIKA SMA/MA SEDERAJAT PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DAN ANALISIS ISI DALAM PERSPEKTIF HPS (HISTORY AND PHILOSOPHYCAL SCIENCE) BUKU AJAR FISIKA SMA/MA SEDERAJAT PADA MATERI STRUKTUR ATOM)
11690037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DAN ANALISIS ISI DALAM PERSPEKTIF HPS (HISTORY AND PHILOSOPHYCAL SCIENCE) BUKU AJAR FISIKA SMA/MA SEDERAJAT PADA MATERI STRUKTUR ATOM)
11690037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap buku ajar merupakan bahan ajar mandiri bagi siswa. Buku ajar diharapkan membantu siswa untuk merekontruksikan materi secara benar dan menghindarkan miskonsepsi. Kriteria HPS (History and philosophical Science) merupakan kriteria yang menekankan pada aspek sejarah dan filsafat sains perkembangan suatu ilmu. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran atau profil buku ajar fisika yang memuat materi perkembangan struktur atom menurut kriteria HPS, dan (2) ada tidaknya miskonsepsi pada lima belas buku ajar yang diteliti yang memuat materi perkembangan struktur atom. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi data, yaitu dengan metode studi pustaka, observasi partisipan, dan observasi non partisipan yang dilakukan oleh ahli fisika atom. Observasi non partisipan dilakukan oleh ahli fisika atom yang minimal telah mengajar minimal selama 3 tahun dan telah menyelesaikan studi doctor di bidang fisika material atau fisika atom. Hasil penelitian ini adalah : (1) 12 buku untuk kriteria T1, 12 buku untuk kriteria T2, 3 buku untuk kriteria R1, 12 Buku untuk kriteria R2, 14 buku untuk kriteria R3, 12 Buku untuk kriteria B1, 14 buku untuk kriteria B2, dan 10 buku untuk kriteria B3 masuk dalam klasifikasi N atau tidak menjelaskan sesuatu hal pun untuk masing-masing kriteria. Tidak terdapat satu bukupun yang masuk dalam klasifikasi S untuk kriteria T1, T2, B2, dan B3, dan (2) Miskonsepsi paling banyak pada kriteria R1 dengan klasifikasi SM sebanyak 7 buah buku dengan miskonsepsi pada penjelasan pancaran partikel alfa. Hanya terdapat satu miskonsepsi lain pada kriteria T2 untuk klasifikasi SM yaitu buku fisika oleh Dudi Indarjit (2009). Buku dengan miskonsepsi terbanyak terdapat pada buku Fisika oleh Dudi Indarjit dengan 2 miskonsepsi atau masuk klasifikasi SM pada kriteria T2 dan kriteria R1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc. selaku
Uncontrolled Keywords: Analisis isi dan miskonsepsi, HPS, buku ajar fisika, struktur atom.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Oct 2016 11:29
Last Modified: 11 Oct 2016 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum