PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATERI KEMAGNETAN UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS IX MTS LB/A YAKETUNIS

FINDA SETIANI 12690011FINDA SETIANI, NIM. 12690011 (2016) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATERI KEMAGNETAN UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS IX MTS LB/A YAKETUNIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATERI KEMAGNETAN UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS IX MTS LB/A YAKETUNIS)
12690011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATERI KEMAGNETAN UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS IX MTS LB/A YAKETUNIS)
12690011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan alat peraga materi kemagnetan dan panduan alat peraga materi kemagnetan bagi siswa tunanetra kelas IX di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta (2) mengetahui kualitas alat peraga materi kemagnetan dan panduan alat peraga materi kemagnetan bagi siswa tunanetra kelas IX di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta (3) mengetahui respon siswa tunanetra dan keterlaksanaan mengenai alat peraga kemagnetan dan panduan alat peraga materi kemagnetan bagi siswa tunanetra kelas IX di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang melibatkan 4 langkah utama yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Deseminatte.Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap Develop pada langkah Quantitative Testing. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian, lembar respon siswa dan lembar keterlaksanaan. Penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert dengan 4 skala, sedangkan lembar respon siswa menggunakan skala Guttman dan keterlaksanaan produk menggunakan lembar deskriptif. Hasil penelitian ini (1) Telah dikembangkan alat peraga Braille materi kemagnetan dan panduan penggunaan alat peraga materi kemagnetan. (2) Kualitas alat peraga berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru IPA adalah Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan berturut-turut sebesar 87,5% , 86,31% , 88,89%. (3) Kualitas panduan penggunaan alat peraga materi kemagnetan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru IPA adalah Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan berturut-turut sebesar 85%, 91,67%, 97,5%. (4) Respon siswa terhadap alat peraga pada uji coba terbatas dan uji coba luas mendapat respon Ya (Setuju) dan diperoleh persentase keidealan sebesar 95% dan 97,78%. (5) Respon siswa terhadap panduan penggunaan alat peraga materi kemagnetan pada uji coba terbatas dan uji coba luas mendapat respon Ya(Setuju) dan diperoleh persentase keidealan sebesar 86,36% dan 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Kemagnetan, Siswa Tunanetra
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Oct 2016 12:03
Last Modified: 11 Oct 2016 12:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22401

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum