IMPLEMENTASI STRATEGI DIFERENSIASI DI KBIH (KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI) AISYIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Fika Mayasari, NIM: 11240078 (2016) IMPLEMENTASI STRATEGI DIFERENSIASI DI KBIH (KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI) AISYIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI STRATEGI DIFERENSIASI DI KBIH (KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI) AISYIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
11240078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI STRATEGI DIFERENSIASI DI KBIH (KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI) AISYIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
11240078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fika Mayasari, NIM: 11240078. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tentang “Implementasi Strategi Diferensiasi di KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) Aisyiyah Daerah Istimewa Yogyakarta”. Pemilihan judul ini didasari oleh KBIH Aisyiyah sebagai lembaga sosial keagamaan yang mempunyai peran penting untuk menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji, namun mampu mengimplementasikan strategi diferensiasi melalui sumber-sumber diferensiasi di lembaga tersebut. Penelitian ini didasarkan pada salah satu teori strategi 3 generik tinjauan Michael Porter yaitu strategi diferensiasi, dengan menganalisis implementasi sumber-sumber diferensiasi dari teori Philip Kotler. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam teknisnya, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan di analisis melalui aktivitas data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (verifikasi). Metode yang digunakan untuk memperoleh keabsahan data adalah metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini, KBIH Aisyiyah DIY telah mengimplementasikan strategi diferensiasi dengan baik, dimana strategi diferensiasi menjadi sarana yang diterapkan oleh KBIH Aisyiyah DIY. Sarana strategi diferensiasi memiliki lima sumber diferensiasi yang dirancang berdasarkan pada HPT (Hasil Putusan Tarjih) dan penerapannya dibantu roda organisasi Muhammadiyah DIY. Sasarannya ditujukan bagi calon jamaah haji dan jamaah haji di Tanah Air maupun Tanah Suci. Adapun garis besarnya kelima sumber diferensiasi tersebut di implementasikan pada: Diferensiasi produk; penyelenggaraan tarwiyah, Diferensiasi layanan; menyertakan pembimbing wanita di Tanah Suci, Diferensiasi personalia; tim pembimbing yang tersertifikasi dari Kemeneg dan intern KBIH Aisyiyah DIY, Diferensiasi saluran distribusi; penyediaan tempat pendaftaran bimbingan di seluruh Kabupaten/Kota DIY, dan Diferensiasi Citra; bekerjasama dengan media elektronik (radio RRI, radio MQ, Adi TV) dan media cetak (Kedaulatan Rakyat, BerNas). Kata kunci: Strategi Diferensiasi, KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Mikhriani, M. M.
Uncontrolled Keywords: Strategi Diferensiasi, KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji).
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Dec 2016 08:28
Last Modified: 14 Dec 2016 08:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22405

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum