PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN NASABAH BPRS DANA HIDAYATULLAH YOGYAKARTA

Endah Dwi Agustina, NIM. 11240131 (2016) PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN NASABAH BPRS DANA HIDAYATULLAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN NASABAH BPRS DANA HIDAYATULLAH YOGYAKARTA)
11240131_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN NASABAH BPRS DANA HIDAYATULLAH YOGYAKARTA)
11240131_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (657kB)

Abstract

Endah dwi Agustina. Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam terhadap Kepuasan Nasabah BPRS Dana Hidayatullah Yogyakarta. Skripsi Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap kepuasan nasabah BPRS Dana Hidayatullah Yogyakarta. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif responden, analisis deskriptif variabel, uji asumsi, dan uji hipotesis. Nilai R square yang diperoleh sebesar 0,371 menunjukkan bahwa tingkat kepuasan nasabah BPRS Dana Hidayatullah 37,1% dipengaruhi oleh implementasi etika bisnis Islam yang dilaksanakan oleh lembaga, adapun sisanya sebesar 62,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Hasil Uji simultan (uji f) menunjukan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya etika bisnis islam berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan nasabah BPRS Dana Hidayatullah Yogyakarta. Hasil uji parsial (uji T) menunjukan bahwa nilai signifikansi keadilan (0,644> 0,05) dan ihsan (0,902> 0,05), artinya keadilan dan ihsan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan kebebasan (0,004 < 0,05), tanggung jawab (0,047 <0,05) dan transparansi (0,001 < 0,05), artinya kebebasan, tanggung jawab dan transparansi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah BPRS Dana Hidayatullah Yogyakarta. Keyword: Etika Bisnis Islam, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Kepuasan Nasabah
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Nov 2016 10:47
Last Modified: 25 Nov 2016 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22407

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum