MANAJEMEN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT UNTUK PENDIDIKAN DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAK SEDEKAH YAYASAN BADAN WAKAF UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA

Muhammad Robbach, 11240140 (2016) MANAJEMEN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT UNTUK PENDIDIKAN DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAK SEDEKAH YAYASAN BADAN WAKAF UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT UNTUK PENDIDIKAN DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAK SEDEKAH YAYASAN BADAN WAKAF UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA)
11240140_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT UNTUK PENDIDIKAN DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAK SEDEKAH YAYASAN BADAN WAKAF UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA)
11240140_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (983kB)

Abstract

Muhammad Robbach (11240140), Manajemen Pendistribusian Zakat untuk Pendidikan di Lembaga Amil Zakat, Infak, Dan Sedekah Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia, Skripsi. Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemiskinan merupakan permasalahan yang sangat berbahaya bagi masyarakat, kemiskinan mengakibatkan rendahnya tingkat pendidikan, dari masalah tersebut munculah masalah-masalah lainnya, seperti: rendahnya kualitas SDM, pengangguran, kriminalitas, anak jalanan, gelandangan, pengemis, dll. Oleh karena itu keberadaan lembaga Zakat sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui program-program yang di rencanakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemnen pendistribusian zakat untuk pendidikan di Lazis YBW UII Yogyakarta serta faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pendistribusiannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan, adapun teknik pengumpulan data menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miiles dan Huberman, sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data dan sumber data. Berdasarkan data yang diperoleh bahwasannya pendistribusian zakat untuk pendidikan di Lazis YBW UII didistribusikan melalui empat program yaitu, Beasiswa Prestasi, Rumah Prestasi, Beranda Keluarga, dan Galang MI. Lazis UII juga menjalin kerjasama dengan beberapa lebaga untuk mensukseskan program tersebut dalam hal pembinaan dan pelatihan, baik dari luar maupun dalam lingkungan UII, dalam pengaplikasiannya dilapangan pun pengurus inti juga dibantu oleh sahabat lazis.Hal ini menunjukkan bahwasannya di Lazis YBW UII dalam pengaplikasian pendistribusiannya menggunakan prinsip fungsi-fungsi Manajemen yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun faktor pendukung adalah rasa kekeluargaan yang dimiliki antar pengurus, sedangkan faktor penghambatnya adalah terdapat pada miskomunikasi orang tua pihak yang diajak untuk kerjasama dan tidak tertibnya peserta dalam melaksanakan perpanjangan beasiswa. Keyword : Manajemen, Pendistribusian Zakat, Pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pendistribusian Zakat, Pendidikan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Nov 2016 03:39
Last Modified: 28 Nov 2016 03:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22409

Actions (login required)

View Item View Item