PERUBAHAN BUDAYA DALAM TAFSIR AL-QUR’AN (TELAAH TERHADAP PENAFSIRAN MUHAMMAD ABDUH DALAM TAFSIR AL-MANAR)

Muhsin, Imam (2015) PERUBAHAN BUDAYA DALAM TAFSIR AL-QUR’AN (TELAAH TERHADAP PENAFSIRAN MUHAMMAD ABDUH DALAM TAFSIR AL-MANAR). THAQAFIYYAT, Vol.16 (No. 2). pp. 121-144. ISSN 1411-5727

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN BUDAYA DALAM TAFSIR AL-QUR’AN (TELAAH TERHADAP PENAFSIRAN MUHAMMAD ABDUH DALAM TAFSIR AL-MANAR))
Imam Muhsin.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://ejournal.uin-suka.ac.id/adab/thaqafiyyat

Abstract

Abstrak Tafsir al-Qur’an memiliki kedudukan sangat penting bagi kehidupan umat Islam dan sejarahnya. Sebab, dengan prosedur-prosedur penafsiran terhadap al-Qur’an, mereka dapat mengembangkan suatu pandangan global terhadap dunia, sejarah, makna, dan takdir manusia. Dengan kata lain, semua norma hukum, etika, moral, politis dan intelektual dipetik dari bentuk-bentuk tekstual kitab suci itu melalui penafsiran. Kenyataan bahwa sejarah dan kebudayaan kaum Muslimin tidak dipengaruhi oleh al-Qur’an secara langsung, melainkan lebih ditentukan oleh hasil penafsiran (atau, paling tidak, hasil pembacaan) terhadap kitab suci, semakin mempertegas pentingnya tafsir al-Qur’an. Upaya penafsiran tersebut dilakukan oleh komunitas-komunitas historis dalam lingkungan kebudayaan yang kongkret dan terus berubah. Perubahan itu mau tidak mau harus diikuti oleh tafsir al-Qur’an agar pesanpesan yang terkandung di dalamnya dapat membumi sesuai adigium: al- Qur’an shâlihun likulli zamân wa makân. Dalam konteks inilah penafsiran Muhammad Abduh dalam Tafsir al-Manar dapat dibaca sebagai sebuah perubahan budaya, melalui proses reintegrasi nilai dan reorientasi makna. Abstract Tafsir al-Quran has the position is very important for the life of the people of Islam and its history. Because, with the interpretation of the procedures against the Qur’an, they could develop a global view of the world, history, meaning, and destiny of man. In other words, all legal norms, ethics, moral, political, and intellectual plucked from textual forms of Scripture through interpretation. The fact that the history and culture of the Muslims are not affected by the Qur’an directly, but rather determined by the interpretation of the results (or, at least, the result of the reading) of the Scriptures, to reaffirm the importance of getting the Tafsir of the Qur’an. The efforts to interpret is done by the historical communities in the cultural environment of the concrete and is constantly changing. The changes that inevitably to be followed by tafsir al-Qur’an so that the messages contained therein can be grounded according adagium: al-Qur’an wa makân zamân likulli shâlihun. In the context of this is the interpretation of Muhammad Abduh in his Tafsir al-Manar can be read as a change of culture, through the process of reintegration of value and reorient the meaning. Keywords: Integration, muslim culture and tafsir al-quran

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Integration, muslim culture and tafsir al-quran,
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Jurnal > 31. Thaqafiyyat
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Oct 2016 15:23
Last Modified: 12 Oct 2016 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22435

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum