PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS POTENSI LOKAL KELAUTAN PADA MATERI FLUIDA UNTUK SMA KELAS XI

ANIS SAFITRI, NIM. 12690046 (2016) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS POTENSI LOKAL KELAUTAN PADA MATERI FLUIDA UNTUK SMA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS POTENSI LOKAL KELAUTAN PADA MATERI FLUIDA UNTUK SMA KELAS XI)
12690046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS POTENSI LOKAL KELAUTAN PADA MATERI FLUIDA UNTUK SMA KELAS XI)
12690046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan modul fisika berbasis potensi lokal kelautan, 2) mengetahui kualitas modul fisika berbasis potensi lokal kelautan menurut ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMA, 3) mengetahui respon peserta didik terhadap modul fisika yang dikembangkan, dan 4) mengetahui keterlaksanaan dari modul fisika. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) model prosedural, yakni model yang bersifat deskriptif yang menggambarkan alur atau langkah-langkah prosedural yang harus diikuti secara bertahap dari langkah awal hingga langkah akhir untuk menghasilkan produk. Prosedur pengembangan mengikuti prosedur yang dikembangkan oleh Puslitjaknov dengan melibatkan 5 langkah utama yaitu: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi dan penilaian ahli serta revisi; 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrument penilaian berupa lembar penilaian kualitas modul fisika yaitu menggunakan skala Likert untuk penilaian para ahli dan guru fisika SMA yang dibuat dalam bentuk checklist menggunakan 4 interval, sedangkan instrument untuk respon peserta didik menggunakan skala Gultman yang dibuat dalam bentuk checklist menggunakan 2 interval. Data hasil penilaian dianalisis untuk mengetahui kualitas produk melalui tiga tahap yaitu membuat tabulasi semua data yang diperoleh, menghitung rerata skor, dan mengubah rerata skor menjadi kategori kualitas. Hasil penelitian berupa: 1) modul fisika berbasis potensi lokal kelautan, 2) kualitas modul berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMA adalah Sangat Baik (SB). Rerata skor yang diperoleh adalah sebesar 3,49, 3,33, dan 3,48, dengan persentase keidealan masing-masing 87,25%, 83,25%, dan 87,03%, 3) respon peserta didik terhadap modul fisika berbasis potensi lokal kelautan pada uji lapangan skala kecil dan uji lapangan skala besar adalah YA atau Setuju (S). rerata skor yang diperoleh sebesar 0,99, dan 0,96 dengan persentase keidealan 98,80%, dan 95,80%. 4) Modul fisika berbasis potensi lokal kelautan yang dikembangkan layak dan dapat digunakan baik oleh guru maupun peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Untoro, M.Si.
Uncontrolled Keywords: modul, fisika, potensi lokal, kelautan, sumber belajar
Subjects: Fisika
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Oct 2016 09:03
Last Modified: 14 Oct 2016 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22450

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum