SULTAN, KHARISMA, DAN LEGITIMASI KEKUASAAN DALAM ISLAM: SIMBOL KERIS PUSAKA PADA KASULTANAN NGAYOJOKARTO HADININGRAT

BURHAN NUR HAKIM, NIM. 11370078 (2016) SULTAN, KHARISMA, DAN LEGITIMASI KEKUASAAN DALAM ISLAM: SIMBOL KERIS PUSAKA PADA KASULTANAN NGAYOJOKARTO HADININGRAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SULTAN, KHARISMA, DAN LEGITIMASI KEKUASAAN DALAM ISLAM: SIMBOL KERIS PUSAKA PADA KASULTANAN NGAYOJOKARTO HADININGRAT)
11370078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SULTAN, KHARISMA, DAN LEGITIMASI KEKUASAAN DALAM ISLAM: SIMBOL KERIS PUSAKA PADA KASULTANAN NGAYOJOKARTO HADININGRAT)
11370078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Properti politik yang dimiliki oleh suatu benda artefak tidak dapat dilihat secara kasat mata melalui penggunaan secara fisik, tetapi properti politik bisa dilihat dari perannya dalam sistem sosial politik yang bekerja dalam kebudayaan. Keris pusaka merupakan salah satu artefak yang dihasilkan dari sistem budaya di Nusantara dan khususnya di Ngayojokarto Hadiningrat dan memiliki peran terhadap sistem sosial politik dalam kehidupan masyarakatnya. Keris pusaka menjadi bagian dari sosial politik dan masyarakat karena memiliki simbolisme nilai-nilai budaya didalamnya yang sangat kuat dipegang oleh masyarakat. Kepercayaan kepada simbol-simbol ini berpengaruh juga kepada peran keris pusaka yang dimiliki oleh seorang sultan Kasultanan Ngayojokarto Hadiningrat. Peran simbolisme kepada keris pusaka berpengaruh kepada kharisma yang dimiliki oleh seorang sultan. Penulis tertarik untuk meneliti pengaruh simbol keris pusaka kepada kharisma dan legitimasi kekuasaan sultan Ngayojokarto Hadiningrat. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitis, yaitu berusaha mengungkap faktafakta lapangan mengenai permasalahan keris pusaka dan simbolisasinya, kemudian di analisis menggunakan teori yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Metode pendekatan yang digunakan adalah antropologi sosial, yang mengkaji tentang prinsip-prinsip persamaan dibelakang aneka ragam masyarakat dan kebudayaan dalam masyarakat manusia. Masyarakat memiliki prinsip-prinsip persamaan yang berasal dari shared knowledge atau pengetahuan bersama didalam masyarakat dan berpengaruh kepada proses intrepretasi dalam diri seseorang dalam membentuk makna kepada sebuah keris pusaka. Melalui interaksi sosial, makna-makna yang terbentuk dari tiap individu diinteraksikan sehingga simbolisme keris pusaka dalam masyarakat tetep bertahan dan memiliki pengaruh kepada pola tindakan terhadap objek keris pusaka. Berdasarkan hasil analisis pembahasan yang melibatkan data lapangan, keris pusaka yang dimiliki oleh seorang sultan Ngayojokarto Hadiningrat memiliki pengaruh kepada kekuasaan kharismatik yang dia miliki. Keris pusaka membangun kharisma seorang sultan melalui interaksi sosial dalam masyarakat dan interpretasi dalam diri tiap-tiap individu dalam meletakkan keris pusaka dan sultan Ngayojokarto sebagai objek fisik, objek sosial dan objek abstrak. Masyarakat Ngayojokarto Hadiningrat memaknai keris pusaka menurut cara dia melihat keris pusaka secara fisik, menyiapkan tindakan secara sosial, dan membicarakan keris pusaka sebagai objek abstrak. Proses interaksi sosial yang melibatkan konsep objek tersebut mempengaruhi pola pikir masyarakat kepada keris pusaka dan sultan Ngayojokarto hadiningrat sebagai pemimpin mereka. Penelitian ini berusaha melihat proses sosial yang terjadi dalam terbentuknya simbolisme keris pusaka, kharisma seorang sultan dan pengaruh keris pusaka terhadap legitimasi kekuasaan seorang sultan Ngayojokarto Hadiningrat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. NOORHAIDI HASAN, S.Ag, M.A, M.Phil., Ph.D. NIP. 197112071995031002
Uncontrolled Keywords: keris pusaka, sultan, Ngayojokarto Hadiningrat, kharisma, ritual, legitimasi, interaksi simbolik
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Oct 2016 10:18
Last Modified: 17 Oct 2016 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22463

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum