MANAJEMEN PENGEMBANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2015

FALYA’TUU IMANA LIL INSANI, NIM. 12490003 (2016) MANAJEMEN PENGEMBANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2015)
12490003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2015)
12490003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari kebutuhan guru dalam mengembangkan kemampuan serta wawasannya yang disesuaikan dengan perkembangan IPTEK. Secara umum kendala yang dialami oleh guru PAI di wilayah Kota Yogyakarta ialah minimnya wawasan guru dalam mengoperasikan teknologi, sejalan dengan tuntutan guru untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi sebagai penunjang proses belajar mengajar di kelas yang merupakan aspek dari kompetensi guru yang harus dilaksanakan. Ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian ini terdapat pada pengelolaan yang dilakukan seksi PAIS dalam memberdayakan guru PAI untuk dapat meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran seksi PAIS dalam penilaian kinerja guru PAI serta pengembangan yang diberikan Seksi PAIS untuk meningkatkan kinerja guru PAI dengan mengkaji menggunakan teori Pengembangan Sumber Daya Manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif dengan mengambil latar penelitian di Seksi PAIS Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dalam bentuk teks naratif, bagan dan tabel, selanjutnya menarik kesimpulan dari hasil penelitian. Kevalidan dan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triagulasi data. Hasil penelitian menunjukan: (1) Peran seksi PAIS dalam penilaian kinerja guru PAI ialah sebagai tenaga pelayanan secara administrasi untuk memenuhi kebutuhan guru PAI dalam meningkatkan kinerjanya. Pelayanan yang diberikan berupa pembinaan, pengelolaan data guru, pemberian gaji pokok dan tunjangan profesi guru. Selain itu melalui pelayanan yang berupa pelaksanaan program untuk menunjang peningkatan kompetensi guru maupun prestasi guru. Dalam proses penilaian dilakukan oleh sekolah yang bersangkutan dan dilakukan oleh pihak pengawas guru PAI, sehingga seksi PAIS tidak memiliki wewenang dalam menilai kinerja guru PAI. (2) Strategi Pengembangan yang diberikan seksi PAIS ialah berupa program kegiatan pengembangan guru PAI. Penyusunan program pengembangan dengan mengkaji beberapa langkah yang pertama ialah perencanaan program, dengan melalui tahap analisis kebutuhan organisasi, analisis tugas dan analisis kebutuhan tenaga kerja. Kedua ialah tahap penentuan sasaran, ketiga tahap pelaksanaan program, dan keempat tahap

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Qowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Penilaian Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Oct 2016 13:48
Last Modified: 17 Oct 2016 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22469

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum