KECERDASAN SPIRITUAL KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMANGGUNG

ROY YANI, NIM. 09410243 (2016) KECERDASAN SPIRITUAL KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KECERDASAN SPIRITUAL KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMANGGUNG)
09410243_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KECERDASAN SPIRITUAL KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMANGGUNG)
09410243_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)

Abstract

Roy Yani. Kecerdasan Spiritual Kepala Madrasah dalam Mengelola Madrasah Ibtidaiyah Negri Temanggung. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penilitian ini bahwa sistem budaya dan pendidikan di Indonesia selama ini belum begitu memperhatikan jenis-jenis kecerdasan selain IQ, padahal manusia pada dasarnya selalu bersifat untuk cerdas sesuai dengan pilihan dan lingkunganya. Selain IQ manusia memiliki kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Yang menjadi permasalan penilitian ini adalah bagaimana kecerdasan spiritual kepala Madrasah dalam mengelola Madrasah, bagaimana kiat-kiat kepala Madrasah dalam mengelola madrasah dan bagaimana penerapan kecerdasan spiritual kepala madrasah dalam mengelola madrasah di MIN Temanggung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang kecerdasan spirituan kepala Madrasah dalam mengelola Madrasah, kiat –kiat kepala madrasah dalam mengelola Madrasah serta peberapan kecerdasan spiritual dalam mengelola Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Temangung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Ibtidaiyah Negeri Temanggung. Pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data yag dilakukan dengan memeberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukan: (1) Kepala MIN Temanggung memiliki ciri- ciri kepala madrasah yang memiliki kecerdasan spiritual yaitu memiliki prinsip hidup dan memiliki tujuan hidup yang jelas. Dengan sikapnya yang selalu ramah dan bersikap terbuka menunjukan bahwa kepala MIN Temanggung juga memiliki ciri Kepala Madrasah yang memiliki kecerdasan spiritual yaitu cenderung kepada kebaikan, berjiwa besar dan memiliki empati, (2) Kepala MIN Temanggung menunjukan indikator keberhasilan kepala madrasah dalam mengelola madrasah yaitu keberhasilan dalam mengelola sekolah, keberhasilan dalam mengelola kegiatan pembelajaran, mengelola ketenagaan, mengelola sarana prasarana, mengelola keuangan, mengelola lingkungan sekolah, serta mengelola hubungan sekolah dengan masyarakat, (3) Kepala MIN Temanggung menerapkan kecerdasan spiritual kepala madrasah dengan cara menjadi teladan spiritual yang baik.membantu merumuskan misi bawahan, menumbuhkan kebiasaan spiritual sehari-hari, memberi keyakinan bahwa Allah selalu memerhatikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan, Spiritual, Kepala madrasah.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:08
Last Modified: 17 Oct 2016 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22472

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum