PENGEMBANGAN NILAI SOSIAL RELIGIUS ANAK DIDIK MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA ISLAM 1 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

NURI FAJARWATI, NIM. 09411001 (2016) PENGEMBANGAN NILAI SOSIAL RELIGIUS ANAK DIDIK MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA ISLAM 1 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN NILAI SOSIAL RELIGIUS ANAK DIDIK MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA ISLAM 1 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA)
09411001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN NILAI SOSIAL RELIGIUS ANAK DIDIK MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA ISLAM 1 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA)
09411001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)

Abstract

Nuri Fajarwati, Pengembangan Nilai Sosial Religius Anak Didik Melalui Strategi Crossword Puzzle Dalam Pembelajaran PAI di SMA Islam 1 Prambanan Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2016. Penelitian ini berdasarkan kurangnya pengembangan sikap nilai sosial religius anak didik dijaman pergaulan remaja saat ini yang cenderung bebas, kurangnya sikap peduli antar sesama dan cenderung egois. Pengembangan nilai sosial religius dapat dikembangkan melalui lembaga pendidikan, SMA Islam 1 Prambanan Sleman Yogyakarta, merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengedepankan pengembangan nilai sosial religius yang diharapkan agar nilainilai sosial religius dapat membentengi anak didik dari dampak negatif pergaulan dikalangan remaja saat ini, agar anak didiknya mempunyai bekal nilai sosial religius yang kuat. Observasi yang peneliti lakukan berdasarkan ketertarikan peneliti dimana proses pengembangan nilai sosial religius yang diselenggarakan di SMA Islam 1 Prambanan dikembangkan melalui Strategi Crossword puzzle khususnya dalam pembelajara PAI. Hal tersebut merupakan hal yang efektif dalam pengembangan nilai-nilai sosial religius yang positif di kalangan remaja khususnya nilai-nilai sosial religius yang bersifat afektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengambilan latar di SMA Islam 1 Prambanan Sleman Yogyakarta. Teknik penentuan subjek dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan subjek data yaitu kepala sekolah, guru PAI dan anak didik kelas XI IPA dan XI IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi sumber dan teknik serta mengkombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses pengembangan nilai sosial religius di lakukan dengan tahap tranformasi nilai sosial religius, tahap transaksi nilai sosial religius, tahap transinternalisasi nilai sosial religius. (2) Nilai-nilai sosial religius yang dikembangkan melalui strategi crossword puzzle dalam pembelajaran PAI, yaitu: (a) Tawakal. (b) Keiklasan. (c) Silaturahmi dan Al Ukhuwah. (d) Tawadlu’. (3) Hasil pengembangan nilai sosial religius anak didik melalui strategi crossword puzzle dalam pembelajaran PAI di SMA Islam 1 Prambanan Sleman Yogyakarta, yaitu: pendidik telah mengembangkan nilai-nilai sosial religius dengan strategi crossword puzzle dalam proses pembelajaran PAI, dan anak didik telah mempraktikan sikap nilai sosial religius tawakal, keiklasan, sampai pada tahap transinternalisasi nilai sosial religius. Sedangkan silaturahmi dan al ukhuwah, tawadlu’ sampai pada tahap transaksi nilai sosial religius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S,Psi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Nilai Sosial Religius, Strategi Crossword Puzzle, SMA Islam 1 Prambanan Sleman Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:12
Last Modified: 17 Oct 2016 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22475

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum