MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGACU MULTIPLE INTELLIGENCES ASPEK MUSIC INTELLIGENCE DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA

ANDRIAN SIDIQ NUGROHO, NIM. 10410045 (2016) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGACU MULTIPLE INTELLIGENCES ASPEK MUSIC INTELLIGENCE DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGACU MULTIPLE INTELLIGENCES ASPEK MUSIC INTELLIGENCE DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA)
10410045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGACU MULTIPLE INTELLIGENCES ASPEK MUSIC INTELLIGENCE DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA)
10410045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB)

Abstract

ANDRIAN SIDIQ NUGROHO. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Mengacu Multiple Intelligences Aspek Music Intelligence dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar di SMP Islam Al-Azhar 26 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang masalah dalam pendidikan di Indonesia termasuk pembelajaran PAI masih banyak yang menggunakan metode ceramah yang monoton dan banyak hafalan, padahal strategi dan metode pembelajaran menjadi kunci keberhasilan pembelajaran. padahal materi yang terkandung tidak sekedar dihafalkan tapi juga harus dihayati. Salah satu aspek kecerdasan yang bisa digunakan agar nilai-nilai yang terkandung dalam PAI bisa dihayati adalah dengan menggunakan aspek kecerdasan musik yang dikombinasikan dengan materi pelajaran. Musik bisa mempengaruhi kesadaran seseorang dan kekuatan untuk menggeser pikiran, memberi ilham pengabdian relijius. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis Multiple Intelligences aspek Music Intelligence dan menganalisis dampak yang ditimbulkan dari proses pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis Multiple Intelligences aspek Music Intelligence terhadap motivasi belajar siswa di kelas VII SMP Islam Al- Azhar 26 Yogyakarta. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan sumber data adalah siswa kelas VII dan Guru Agama Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data yang disusun secara sistematis kemudian display data yang berupa uraian deskriptif yang panjang dan terakhir diberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Proses pembelajaran PAI di kelas VII SMP Islam Al-Azhar yang berbasis pembelajaran Multiple Intelligences aspek Music Intelligence sudah dikatakan dominan menggunakan aspek Music Intelligence di dalam menyusun maupun melakasanan proses pembelajaran di kelas. 2. Dampak yang ditimbulkan dari proses pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis Multiple Intelligences aspek Music Intelligence terhadap motivasi belajar siswa adalah mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal itu bisa ditunjukkan dengan hasil observasi dan wawancara khusus menggunakan acuan 4 indikator motivasi belajar : a) Minat dan perhatian: siswa lebih tertarik dengan metode belajar yang variatif. b) Semangat belajar : rasa ingin tahu tentang materi meningkat. c) Keaktifan siswa : siswa lebih mudah mengekspresikan hobi, d) Reaksi terhadap stimulus : siswa merasakan keharuan dan kerinduan yang mendalam terhadap kisah akhir hayat Rasulullah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S. Psi, MA
Uncontrolled Keywords: Multiple Intelligences, Kecerdasan Musik, Motivasi Belajar.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:13
Last Modified: 17 Oct 2016 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22476

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum