HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIST SISWA KELAS VIII MTS TARUNA AL QUR’AN YOGYAKARTA

FIRDA NAILUROHMAH, NIM. 12410080 (2016) HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIST SISWA KELAS VIII MTS TARUNA AL QUR’AN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIST SISWA KELAS VIII MTS TARUNA AL QUR’AN YOGYAKARTA)
12410080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIST SISWA KELAS VIII MTS TARUNA AL QUR’AN YOGYAKARTA)
12410080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

FIRDA NAILUROHMAH. Hubungan kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas VIII MTs Taruna Al-Qur’an Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini bahwa adanya isyarat dari Allah untuk memelihara Al-Qur’an baik melalui bacaan maupun tulisan. Salah satu cara untuk menjaga Al-Qur’an melalui hafalan. Salah satu lembaga pendidikan yang berkonsentrasi pada hafalan adalah MTs Taruna Al Qur’an Yogyakarta. MTs Taruna Al Qur’an mendapatkan nilai tertinggi dalam UAMBN tahun 2015, termasuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadist mendapatkan nilai tertinggi di wilayah Yogyakarta. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui adakah hubunga yang positif antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas VIII MTs Taruna Al Qur’an Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Putri MTs Taruna Al Qur’an Yogyakarta sebanyak 56 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling (pengambilan sampel dengan tujuan). Pengumpulan data dilakukan dengan dokementasi, wawancara, dan observasi. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji analisis korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Taruna Al Qur’an adalah baik. 2) Prestasi belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas VIII MTs Taruna Al Qur’an Yogyakarta adalah tinggi. 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas VIII MTs Taruna Al Qur’an Yogkayarta (

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S. Psi., MA.
Uncontrolled Keywords: kemampuan menghafal Al-Qur’an, prestasi belajar Al-Qur’an Hadist
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:27
Last Modified: 17 Oct 2016 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22485

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum