STRATEGI PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KALASAN

ABDUS SHOMAD MARFA’I, NIM. 12410115 (2016) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KALASAN)
12410115_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KALASAN)
12410115_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABDUS SHOMAD MARFA‟I. Strategi Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kalasan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini didasari oleh pentingnya kreativitas guru dalam mengelola kelas untuk menciptakan dan mempertahankan proses pembelajaran kondusif sehingga peserta didik merasa nyaman dan senang dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaann strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dan bagaimana prestasi belajar dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti peserta didik dengan menggunakan strategi pengelolaan kelas serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pengelolaan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi pengelolaan kelas dan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan dengan pelaksanaan strategi pengelolaan kelas dapat meningkatkan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti Peserta didik dalam pembelajara PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII, guru PAI dan waka sarana dan prasarana. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan analisis diskriptif kualitatif yang menggambarkan tentang pelaksanaan strategi pengelolaan kelas di SMP Negeri 3 Kalasan dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan strategi pengeloaan kelas yang dilakukan oleh guru PAI dan Budi Pekerti meliputi: a) ketrampilan mengelola kelas dilakukan dengan mengatur kondisi fisik ruang pembelajaran. b) pengaturan peserta didik di kelas. 2) terdapat hasil positif dari penerapan strategi pengelolaan kelas terhadap peningkatan prestasi belajar PAI peserta didik. 3) faktor pendukung: a) peraturan sekolah, visi dan misi sekolah b) variasi strategi dan metode pembelajaran, c) lingkungan sekolah yang kondusif, d) tata ruang kelas yang teratur. 4) Faktor penghambat: a) kurangnya kemampuan peserta didik dalam membaca Al Qur‟an, b) media sound yang belum tersedia, c) peserta didik kurang aktif, d) peserta didik kurang percaya diri dalam menjawab pertaanyaan. Dengan pelaksanaan strategi pengelolaan kelas, maka proses kegiatan pembelajaran dapat berjalan kondusif dan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan, sehingga peserta didik lebih termotivasi dan semangat yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar peserta didik khususnya dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M. Ag
Uncontrolled Keywords: strategi pengelolaan kelas, prestasi belajar, pendidikan agama islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:33
Last Modified: 17 Oct 2016 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22488

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum