SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH PUYUDPRACHARAK DUSONG BLAGA PROVINSI PATTANI THAILAND SELATAN

MISS SUBAIDAH MAJAE, NIM. 12410179 (2016) SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH PUYUDPRACHARAK DUSONG BLAGA PROVINSI PATTANI THAILAND SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH PUYUDPRACHARAK DUSONG BLAGA PROVINSI PATTANI THAILAND SELATAN)
12410179_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH PUYUDPRACHARAK DUSONG BLAGA PROVINSI PATTANI THAILAND SELATAN)
12410179_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)

Abstract

MISS SUBAIDAH MAJAE.Sistem Pendidikan Agama Islam di Sekolah Puyudpracharak Dusong Blaga Provinsi Pattani Thailand Selatan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah Puyudpracharak Dusong Blaga Provinsi Pattani Thailand Selatan bereda dengan proses pembelajaran di sekolah yang lain. sekolah Puyudpracharak proses pembelajarannya mengedepankan pelajaran berbasis keagamaan. Disana pembelajaran umum dilaksanakan setelah pembelajaran Agama Islam. Secara realita banyak sekolah yang mengedepankan pelajaran umum dan di imbangi dengan pejaran agama. Namun, di sekolah Puyudpracharak memiliki sistem yang berbeda. Inilah mengapa peneliti tertarik untuk meneliti sekolah di Puyudpracharak. Yang terjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana sistem pendidikan agama Islam di Sekolah Puyudpracharak Dusong Blaga, faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam sistem pendidikan agama Islam di Puyudpracharak Dusong Blaga. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang sistem pendidikan di sekolah Puyudpracharak Dusong Blaga serta faktor pendukung dan penghambat dalam sistem pendidikan agama Islam di sekola Puyudpracharak Dusong Blaga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Sekolah Puyudpracharak Dusong Blaga. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisi dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus yaitu triangulasi dengan menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sistem Pendidikan Agama Islam di Sekolah Puyudpracharak Dusong Blaga meliputi dasar dan tujuan pendidikan agama Islam, Kurikulum Pendidikan Agama Islam meliputi (Sejarah, Bahasa Arab, Al-Qur’an, Fiqih, Tafsir Hadits, Nakhu Shorof, Tauhid, Akhlak), metodologi pembelajaran pendidikan agama Islam meliputi (Tanya Jawab, Diskusi, Hafalan, Kisah, Latihan), serta evaluasi pelaksanaan sistem pendidikan agama islam menggunakan evaluasi pendahuluan atau pre tes, evaluasi formatif, evaluasi sumatif. (2) faktor pendukung dan penghambat, yang menjadi faktor pendukung adalah semua guru ikut membangun dan membantu sistem pendidkan agama Islam dan peserta didik selalu memberikan pesan balik kepada sekolah. Faktor penghambat dalam penelitian ini adalah beberapa guru tidak mengikuti pelatian dalam pembuatan kurikulum dan kurang efektifnya proses pembelajaran dengan banyaknya siswa yang tidak tinggal di asrama sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Karwadi, S.Ag, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendidikan Agama Islam, Sekolah Puyudpracharak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:38
Last Modified: 17 Oct 2016 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum