DAMPAK PENERAPAN KEGIATAN TADARUS AL-QURAN JUM’AT PAGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI KELAS X DI SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2015-2016

MIFTAH THOHA MUHAIMIN, NIM. 12410202 (2016) DAMPAK PENERAPAN KEGIATAN TADARUS AL-QURAN JUM’AT PAGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI KELAS X DI SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2015-2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PENERAPAN KEGIATAN TADARUS AL-QURAN JUM’AT PAGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI KELAS X DI SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2015-2016)
12410202_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PENERAPAN KEGIATAN TADARUS AL-QURAN JUM’AT PAGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI KELAS X DI SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2015-2016)
12410202_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MIFTAH THOHA MUHAIMIN. Dampak Penerapan Kegiatan Tadarus Al-Quran Jum’at Pagi Terhadap Prestasi Belajar PAI Kelas X di SMA Negeri 1 Kalasan, Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Mata pelajaran PAI menjadi prioritas yang harus diajarkan kepada peserta didik, hal ini ditunjukkan dengan nilai-nilai luhur dalam mata pelajaran PAI perlu diinternalisasi supaya terwujud dalam perilaku dan karakter dalam diri peserta didik. Ketika seseorang belajar, tidak akan terlepas dari kegiatan membaca. Karena membaca adalah kunci membuka ilmu pengetahuan, sebelum nya kita belum memiliki pengetahuan yang luas, dengan membaca dapat menambah wawasan kita. Berkaitan dengan pentingnya membaca, sebagai umat Islam memiliki kewajiban untuk membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran harus ditanamkan sejak dini untuk menciptakan pribadi siswa yang terbiasa membaca Al-Quran. SMA Negeri 1 Kalasan menjadi salah satu sekolah yang memunculkan kebijakan untuk mengadakan tadarus Al-Quran jum’at pagi sebelum memulai pembelajaran. Yang harapannya dapat menyeimbangkan kecerdasan intelektual dengan kecerdasan spiritual siswa. Yang menjadi keunikan disini adalah sekolah umum mempunyai terobosan untuk siswa yang beragama Islam untuk menundukung hasil belajar PAI. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menemukan sebuah temuan mengenai keterkaitan antara kegiatan tadarus Al-Quran dengan prestasi belajar PAI. (2) Untuk mengetahui bagaimana dampak penerapan kegiatan tadarus Al-Quran terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Kalasan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dan membandingkan keadaan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan kegiatan tadarus Al-Quran di SMA Negeri 1 Kalasan dalam pelaksanaannya merupakan tahun pertama pada tahun ajaran 2015/2016. Kegiatan ini berlangsung pada jam 06.45-07.00 setiap hari Jum’at. (2) Penerapan kegiatan tadarus Al-Quran memiliki dampak positif terhadap prestasi belajar PAI siswa pada ranah kognitif. Pada ranah afektif hanya 3 tingkatan yang terpenuhi (penerimaan, partisipasi, dan pembentukan pola hidup) dari keseluruhan 5 tingkatan. Sedangkan pada ranah psikomotorik hanya 2 tingkatan yang terpenuhi (persepsi dan gerakan terbiasa).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Tadarus Al-Quran, Prestasi Belajar PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:40
Last Modified: 17 Oct 2016 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22493

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum