PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PAI ASPEK IBADAH PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA

HENDY SAPUTRA, NIM. 12410249 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PAI ASPEK IBADAH PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PAI ASPEK IBADAH PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
12410249_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PAI ASPEK IBADAH PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
12410249_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

HENDY SAPUTRA. Penerapan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran PAI Aspek Ibadah Peserta Didik Kelas IV SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari keresahan terhadap proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang selama ini masih jauh dari tujuan yang diinginkan. Proses pembelajaran yang sering dilakukan selama ini masih bersifat konvsional yaitu ceramah dan menghafal, disamping itu masih minimnya kreatifitas dan inovasi dari guru dalam mengemas proses pembelajaran yang bermakna. Sedangkan hasil yang bisa di lihat selama ini masih banyak perilaku menyimpang dari norma-norma agama yang siswa lakukan. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis penerapan pendekatan saintifik kurikulum 2013 dalam pembelajaran PAI aspek ibadah peserta didik kelas IV SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menganalisa bagaimana proses pembelajaran PAI aspek ibadah dengan pendekatan saintifik peserta didik kelas IV SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI menunjukkan bahwa guru melaksanakan proses pembelajaran melalui langkah-langkah pembelajaran pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan secara runtut dengan memperhatikan prinsip pendekatan saintifik dalam pelaksanannya 2) Hasil penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI aspek ibadah membuat pembelajaran lebih efektif, peserta didik menjadi aktif dan antusias mengikuti pembelajaran, bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan ibadah sholat, lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleg guru. 3) Kendala dalam penerapan pendekatan saintifik kurikulum 2013 dalam pembelajaran PAI aspek ibadah kelas IV SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta yaitu belum semua peserta didik aktif dalam mengikuti pembelajaran, keterlambatan buku sumber belajar, pengusaan kelas yang belum menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:50
Last Modified: 17 Oct 2016 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22500

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum