EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODIFIKASI ACTION PROCESS OBJECT SCHEME (M-APOS) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Trisna Dewi Wulandari, NIM. 12600019 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODIFIKASI ACTION PROCESS OBJECT SCHEME (M-APOS) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODIFIKASI ACTION PROCESS OBJECT SCHEME (M-APOS) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA)
12600019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODIFIKASI ACTION PROCESS OBJECT SCHEME (M-APOS) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA)
12600019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) ada tidaknya pengaruh gabungan (interaksi) antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah serta, 2) lebih efektif mana antara pembelajaran M-APOS dengan pembelajaran konvensional, antara pembelajaran M-APOS berbantuan LKS berbasis kontekstual dengan pembelajaran konvensional serta antara pembelajaran M-APOS berbantuan LKS berbasis kontekstual dengan pembelajaran M-APOS terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent control group design. Penelitianini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran M-APOS berbantuan LKS berbasis kontekstual, pembelajaran M-APOS dan KAM, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016, dengan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII D, VII E dan VII F. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal pretest-posttest pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji Anova dua jalur (two way anova) dan uji Anova satu jalur (one way anova) yang kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa serta, 2) Pembelajaran M-APOS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, pembelajaran M-APOS berbantuan LKS berbasis kontekstual lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dan pembelajaran M-APOS berbantuan LKS berbasis kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran M-APOS terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci : M-APOS, M-APOS berbantuan LKS berbasis kontekstual, Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mulin Nu’man, M.Pd
Uncontrolled Keywords: M-APOS, M-APOS berbantuan LKS berbasis kontekstual, Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Nov 2016 02:29
Last Modified: 30 Nov 2016 02:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22510

Actions (login required)

View Item View Item