PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR 3.9 (PRISMA) KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA

ROHMAD AFDUL AZIS, NIM. 12600020 (2016) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR 3.9 (PRISMA) KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR 3.9 (PRISMA) KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
12600020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR 3.9 (PRISMA) KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
12600020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model pengembangan prosedural. Prosedur pengembangan yang digunakan dalm penelitian ini adalah prosedur pengembangan Borg and Gall. Prosedur pengembangan ini terdiri dari tiga tahap yaitu, (1) pendahuluan yang meliputi analisis kebutuhan guru, karakteristik siswa, kurikulum, dan materi yang dilanjutkan dengan studi pustaka; (2) pengembangan yang meliputi pengumpulan referensi materi, penyusunan SSP, membuat instrumen penelitian dan validasi instrumen penelitian; (3) uji produk yang meliputi validasi ahli, uji terbatas, uji luas hingga terbentuk desain final. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian SSP, respon siswa, observasi, dan tes, dengan subjek penelitian dosen, guru, serta siswa kelas VIII SMP IT Abu Bakar dan MTs N Yogyakarta II tahun ajaran 2015/2016. Hasil penelitian adalah SSP Matematika dengan pendekatan saintifik untuk memfasilitasi pemhaman konsep siswa yang memiliki kualitas keseluruhan sangat baik dengan skor rata-rata 268,5 dari skor maksimal 316. SSP juga bisa dikatakan efektif berdasarkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yaitu dari 36,32 (pretest) menjadi 70,20 (post-test) dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 67%. Selain itu, SSP juga bisa dikatakan praktis berdasarkan respon siswa dan keterlaksanaan SSP. SSP mendapat respon baik dengan skor rata-rata 57,80 dari skor maksimal 80 dan terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 31,6 dari skor maksimal 52 untuk kegiatan guru dan skor rata-rata 32,1 dari skor maksimal 52 untuk kegiatan siswa. Kata Kunci: Pengembangan, Subject Specific Pedagogy (SSP), Matematika, Saintifik, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Subject Specific Pedagogy (SSP), Matematika, Saintifik, Pemahaman Konsep.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:12
Last Modified: 05 Dec 2016 02:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22511

Actions (login required)

View Item View Item