PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X

Yunistisa Ananda, NIM. 12600023 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X)
12600023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X)
12600023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian ini adalah design research dengan menggunakan model Gravemeijer dan Cobb yang terdiri dari tiga tahap yaitu preparing for the experiment, design experiment, dan restrospective analysis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Lab UIN Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian bahan ajar, lembar observasi, lembar kuesioner bahan ajar, lembar tes dan skala sikap. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar matematika berbasis CORE yang telah melalui beberapa proses mulai dari pembuatan desain, pengembangan materi, penilaian validator, pengujicobaan, dan revisi bahan ajar hingga dihasilkannya bahan ajar matematika berbasis CORE yang memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika. Bahan ajar ini sudah memenuhi kriteria kelayakan yakni validitas, efektivitas dan praktibilitas. Validitas bahan ajar berdasarkan penilaian validator yang menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki kriteria sangat baik dengan skor 116,75 dari skor maksimal 144. Efektivitas bahan ajar dilihat dari dampak proses dan dampak hasil. Dampak proses sudah dapat dikatakan baik jika dilihat dari proses pembelajaran seperti mengikuti petunjuk untuk mengisi titik-titik yang terdapat dalam fitur bahan ajar. Dampak hasil dilihat dari hasil posttest yang menunjukkan rata-rata 75,8 untuk pemahaman konsep dan 76,2 untuk penalaran serta persentase siswa yang mencapai KKM adalah 64% (16 dari 25 siswa). Praktibilitas bahan ajar dilihat dari skala sikap respon siswa terhadap bahan ajar matematika. Hasil respon siswa menunjukkan skor 45,52 dari skor maksimal 60, skor tersebut termasuk kategori respon positif. Berdasarkan kriteria kelayakan bahan ajar, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar layak digunakan dan mampu memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika. Dampak yang diperoleh dari penggunaan bahan ajar adalah siswa lebih bersemangat dalam menggali pengetahuannya sendiri, memunculkan rasa ingin tahu dan menumbuhkan motivasi pada pembelajaran matematika khususnya materi trigonometri. Kata kunci : CORE, pemahaman konsep, penalaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mulin Nu’man M,Pd
Uncontrolled Keywords: CORE, pemahaman konsep, penalaran matematika.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Dec 2016 08:50
Last Modified: 09 Dec 2016 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22514

Actions (login required)

View Item View Item