PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VII PADA MATERI TRANSFORMASI

LUTHFI NUR AZIZAH, NIM. 12600027 (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VII PADA MATERI TRANSFORMASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VII PADA MATERI TRANSFORMASI)
12600027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VII PADA MATERI TRANSFORMASI)
12600027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKS matematika dengan pendekatan saintifik yang berkualitas untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa SMP/MTs kelas VII pada materi transformasi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah prosedur pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi lima langkah. Langkah tersebut yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian LKS, lembar soal pre test dan post test, dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan penilaian ahli diperoleh hasil penelitian bahwa kualitas LKS Matematika mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase 85%. Berdasarkan nilai post test diperoleh hasil bahwa sebanyak 63% dari banyaknya siswa yang mengikuti post test memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sehingga telah berhasil memfasilitasi pemahaman konsep siswa pada materi transformasi. Selain itu, respon siswa terhadap LKS Matematika dengan Pendekatan saintifik mendapatkan kategori positif dengan persentase 74,96%. Oleh karena itu, LKS matematika dengan pendekatan saintik pada materi transformasi kelas VII SMP/MTs untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa telah memenuhi kriteria ketercapaian dan dapat dikatakan berkualitas. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Saintifik, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Saintifik, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Nov 2016 09:18
Last Modified: 30 Nov 2016 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22516

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum