PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 DAN 4.6 UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA

SHOLLI UMMU ZULFA, NIM. 12600041 (2016) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 DAN 4.6 UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 DAN 4.6 UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
12600041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 DAN 4.6 UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
12600041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Subject Specific Pedagogy matematika kelas VIII pada kompetensi dasar 4.3 dan 4.6 dengan pendekatan saintifik untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu menghasilkan Subject Specific Pedagogy matematika kelas VIII pada kompetensi dasar 4.3 dan 4.6 dengan pendekatan saintifik yang berkualitas untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan adaptasi dari model Borg dan Gall. Adapun tahap-tahap pengembangan yang digunakan yaitu: 1) melakukan analisis produk yang dikembangkan; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi ahli dan revisi; 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen yang digunakan meliputi lembar skala penilaian SSP, lembar skala respon siswa, dan lembar soal post-test. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) SSP matematika dengan pendekatan saintifik berhasil dikembangkan dengan lima tahap pengembangan Borg dan Gall; 2) kualitas SSP yang dikembangkan adalah sangat baik dengan persentase keidealan 84,32% berdasarkan validasi ahli. Berdasarkan hasil post-test, SSP matematika dikatakan telah berhasil memfasilitasi pemahaman konsep siswa pada KD 4.3 dan 4.6. Hal ini dilihat dari 74,19% dari banyaknya siswa yang mengikuti post-test memperoleh nilai lebih besar dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan SSP matematika yang dikembangkan sebesar 74,26% dengan kriteria positif. Berdasarkan Keterlaksanaan SSP diperoleh kategori sangat baik untuk kegiatan guru dengan persentase keidealan 82,73% dan kegiatan siswa dengan persentase keidealan 78,20%. Oleh karena itu, SSP matematika dengan pendekatan saintifik pada KD 4.3 dan 4.6 telah layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Subject Specific Pedagogy, Pendekatan Saintifik, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Subject Specific Pedagogy, Pendekatan Saintifik, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Dec 2016 02:18
Last Modified: 01 Dec 2016 02:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22526

Actions (login required)

View Item View Item