EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAS) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Nelita Riyadhotul Jannatil Ulya, NIM. 12600044 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAS) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAS) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA)
12600044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAS) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA)
12600044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) ada atau tidaknya pengaruh gabungan (interaksi) antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa; dan 2) lebih efektif mana pembelajaran MEAs berbantuan LKS berbasis kontekstual, pembelajaran MEAs, atau pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment design dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas berupa pembelajaran MEAs berbantuan LKS berbasis kontekstual dan pembelajaran MEAs serta dua variabel terikat yaitu pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016, dengan sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VIII D, VIII E, dan VIII F. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik inferensial yang meliputi uji Anova satu jalur (one way anova) yang kemudian dilanjutkan uji Tukey dan uji Anova dua jalur (two way anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak terjadi interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap pemahaman konsep maupun kemampuan pemecahan masalah siswa; 2) pembelajaran MEAs dan pembelajaran MEAs berbantuan LKS berbasis kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep maupun kemampuan pemecahan masalah siswa; dan 3) pembelajaran MEAs berbantuan LKS berbasis kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran MEAs terhadap pemahaman konsep maupun kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci : MEAs, MEAs berbantuan LKS berbasis Kontekstual, Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mulin Nu’man, M.Pd
Uncontrolled Keywords: MEAs, MEAs berbantuan LKS berbasis Kontekstual, Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:42
Last Modified: 06 Dec 2016 02:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22528

Actions (login required)

View Item View Item