PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

Mutmainah NIM 04471192, (2009) PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang usaha- usaha pengembangan program pendidikan keterampilan di MAN Tempel. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk pengembangan madrasah lebih lanjut, khususnya di MAN Tempel dan sekolahsekolah lain yang masih baru dalam menyelenggarakan program pendidikan keterampilan agar dapat berkembang dengan lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MAN Tempel Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengasdakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna data yang berhasil dikumpulkan, dan dari itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Latar belakang MAN Tempel dalam menyelenggarakan program pendidikan keterampilan adalah: Siswa-siswi lulusan MAN Tempel kebanyakan dari golongan ekonomi menengah kebawah dan belum tentu melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, kemudian lingkungan disekitar tempat tinggal siswa-siswi dan MAN Tempel sendiri dekat dengan kawasan industri,latar belakang selanjutnya untuk mengembangkan bakat dan keterampilan siswa-siswi MAN Tempel Sleman Yogyakarta. (2) Tujuan program pendidikan keterampilan di MAN Tempel meliputi: Mengembangkan potensi siswa yang menyangkut ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dalam bidang keterampilan tertentu, memberikan pendidikan dan pelatihan keterampilan pada siswa, menyiapkan tenaga kerja siap pakai dalam bidang masing-masing, meningkatkan SDM dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, yang terakhir mencetak manusia muslim selaku kader yang berjiwa ikhlas, tabah, tangguh, wiraswasta dan mengamalkan syariat Islam secara utuh dan dinamis. (3) Usahausaha yang dilakukan MAN Tempel dalam pengembangan program pendidikan keterampilan untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan antara lain adalah: Mendisiplinkan siswa sejak dari awal mengikuti program keterampilan, optimalisasi sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan program pendidikan keterampilan, menjalin kerjasama dengan pihak luar seperti bengkel sepeda motor, pengusaha catering dan pengusaha conveksi atau penjahit untuk mempermudah penyaluran alumni untuk PKL /latihan magang dan bekerjasama juga dengan bursa kerja khusus, usaha selanjutnya yaitu hasil karya siswa diikutkan pameran-pameran /bazaar. Mengenai materi yang telah disampaikan, dilakukan evaluasi atau meninjau kembali materi-materi tersebut dan disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi yang ada sekarang.. (4) Hasil yang telah dicapai dari program pendidikan keterampilan di MAN Tempel yaitu menghasilkan lulusan yang siap kerja dengan bekal keterampilan yang telah diberikan dari tempat mereka duduk di bangku sekolah dengan keahlian masing-masing sesuai dengan program keterampilan yang mereka pilih dan mereka ikuti. Kemudian hasil yang telah dicapai dari masing-masing program pendidikan keterampilan yaitu; dari keterampilan tata busana meliputi berbagai model pakaian muslim, gantungan kunci, hiasan hasil songketan dll. Dari keterampilan tata boga berupa berbagai macam masakan dan berbagai macam kue atau roti, dan dari keterampilan otomotif berupa jasa perbaikan dan perawatan sepeda motor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. M. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pendidikan, Keterampilan
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2254

Actions (login required)

View Item View Item