PENGEMBANGAN MODEL ANDRAGOGI UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI JAMAAH MAJELIS TAKLIM NURUL HUDA PUTRI DI DUSUN SEMOYA TEGALTIRTO BERBAH SLEMAN

ENDAH YULI ASTANTI, NIM. 1220410046 (2016) PENGEMBANGAN MODEL ANDRAGOGI UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI JAMAAH MAJELIS TAKLIM NURUL HUDA PUTRI DI DUSUN SEMOYA TEGALTIRTO BERBAH SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODEL ANDRAGOGI UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI JAMAAH MAJELIS TAKLIM NURUL HUDA PUTRI DI DUSUN SEMOYA TEGALTIRTO BERBAH SLEMAN)
1220410046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODEL ANDRAGOGI UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI JAMAAH MAJELIS TAKLIM NURUL HUDA PUTRI DI DUSUN SEMOYA TEGALTIRTO BERBAH SLEMAN)
1220410046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Endah Yuli Astanti, "PENGEMBANGAN MODEL ANDRAGOGI UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI JAMAAH MAJELIS TAKLIM NURUL HUDA PUTRI DI DUSUN SEMOYA TEGALTIRTO BERBAH SLEMAN". Tesis, Program Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pembimbing Dr. Sabarudin, M.Si. Latar belakang penelitian ini adalah sebab kurangnya partisipasi jamaah majelis Taklim Nurul Huda Putri dusun Semoya Tegaltirto Berbah Sleman yang memiliki potensi vital di daerah ini untuk menentukan kebijakan keagamaan. Dan lagi sampai saat ini majelis Taklim tidak hanya tumbuh di Jawa namun sudah menembus seluruh wilayah Indonesia, dari pelosok desa sampai daerah perkotaan. Karena peserta majelis Taklim adalah orang-orang dewasa, maka dalam penelitian ini akan dikembangkan model pembelajaran orang dewasa (andragogi). Maka masalah yang aka digali adalah: Pertama, bagaimana penelitian dan pengembangan konsep andragogi yang dilaksanakan di majelis Taklim Nurul Huda Putri di dusun Semoya Tegaltirto Berbah Sleman; dan kedua, apakah konsep andragogi yang dilaksanakan dapat meningkatkan partisipasi jamaah majelis Taklim Nurul Huda Putri di dusun Semoya Tegaltirto Berbah Sleman. Tujuan dari penelitian ini adalah; untuk mengetahui pengembangan konsep andragogi di majelis Taklim Nurul Huda Putri dusun Semoya Tegaltirto Berbah Sleman.; dan untuk mengetahui peningkatan partisipasi jamaah majelis Taklim Nurul Huda Putri di dusun Semoya Tegaltirto Berbah Sleman. Dari tujuan tersebut diperoleh manfaat yang secara akademik; menemukan dan mengembangkan konsep andragogi sebagai salah satu model pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Majelis Taklim; kemudian mengetahui metode yang tepat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk masyarakat luas khususnya ibu-ibu, dan menginspirasi mahasiswa untuk lebih berani dalam melakukan penelitian dan pengembangan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D), yaitu metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran membantu jamaah majelis Taklim mendapatkan hasil maksimal dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan meningkatnya partisipasi jamaah serta nilai kognitif, afektif dan psikomotorik yang cukup bagus. Kemudian ada peningkatan partisipasi jamaah yang signifikan setelah diterapkan konsep andragogi dibandingkan dengan sebelum diterapkannya konsep ini di majelis Taklim, yaitu antara 70-95%, dan konsep andragogi lebih efektif diterapkan pada majelis Taklim yang pesertanya lebih muda, seperti remaja atau ibu-ibu muda karena golongan usia ini memiliki motivasi dan minat belajar yang lebih tinggi dibandingkan golongan usia tua. Sedangkan motivasi dalam andragogi menentukan hasil akhir.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dr. Sabarudin, M.Si
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 Nov 2016 01:15
Last Modified: 02 Nov 2016 01:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22546

Actions (login required)

View Item View Item