IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBIAYAAN TERHADAP PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SD NEGERI 1 TONGGALAN KLATEN JAWA TENGAH

MAHMUD YUNUS, SPDI, NIM. 1220411126 (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBIAYAAN TERHADAP PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SD NEGERI 1 TONGGALAN KLATEN JAWA TENGAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBIAYAAN TERHADAP PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SD NEGERI 1 TONGGALAN KLATEN JAWA TENGAH)
1220411126_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBIAYAAN TERHADAP PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SD NEGERI 1 TONGGALAN KLATEN JAWA TENGAH)
1220411126_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MAHMUD YUNUS. Implementasi Manajemen Pembiayaan Terhadap Peningkatan Mutu Sekolah di SD Negeri 1 Tonggalan Klaten Jawa Tengah. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan meliputi perencanaan keuangan, pelaksanaan keuangan, evaluasi keuangan. Kegiatan perencanaan keuangan yang berupa penyusunan anggaran terdiri dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah dan Belanja Sekolah. Kegiatan pelaksanaan pembiayaan pendidikan meliputi penerimaan dana dan pengeluaran dana. Adapun kegiatan manajemen pembiayaan pendidikan yang terakhir yaitu evaluasi berupa pemeriksaan merupakan pemeriksaan terhadap penerimaan dan pertanggung jawaban keuangan kepada sekolah. Sedangkan sumber pembiayaan yang ada di SD Negeri 1 Tonggalan berasal dari BOS. Implikasi manajemen pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 1 Tonggalan dapat dilihat melalui pengalokasian dana pada RAKS yaitu melalui pengalokasian dana untuk siswa berupa kegiatan ekstrakurikuler, pengalokasian dana untuk guru melalui peningkatan profesionalisme guru berupa gaji, pengalokasian dana untuk sarana dan prasarana yaitu dengan cara penambahan fasilitas, perbaikan sarana dan pemeliharaan Dalam Pendidikan, manajemen dapat diartikan sebagai aktifitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya. Adapun fungsi-sungsi pokok manajemen terdiri planing, Organizing, Motivating dan Controlling. Dengan adanya fungsi-fungsi manajemen tersebut dapat diterapkan dalam manajemen pengembangan mutu guru sehingga dalam pelaksanaannya dapat terencana dan terorganisir dengan baik. Objek penelitian adalah di SD Negeri 1 Tonggalan Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Bentuk pelaksanaan manajemen pembiayaan dalam meningkatkan mutu di SD Negeri 1 Tonggalan Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten yaitu tercapainya program-program sekolah dan pembiayaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imam Machali
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Nov 2016 09:56
Last Modified: 02 Nov 2016 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22550

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum