IMPLEMENTASI NILAI-NILAI LUHUR PANCASILA DALAM KURIKULUM 2013 DI SDIT TUNAS MULIA WONOSARI GUNUNGKIDUL PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

RIFAI KUSUMA NURUDIN, S PD I, NIM. 1220411189 (2016) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI LUHUR PANCASILA DALAM KURIKULUM 2013 DI SDIT TUNAS MULIA WONOSARI GUNUNGKIDUL PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI LUHUR PANCASILA DALAM KURIKULUM 2013 DI SDIT TUNAS MULIA WONOSARI GUNUNGKIDUL PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
1220411189_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI LUHUR PANCASILA DALAM KURIKULUM 2013 DI SDIT TUNAS MULIA WONOSARI GUNUNGKIDUL PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
1220411189_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

RIFAI. Implementasi Nilai-Nilai Luhur Pancasila dalam Kurikulum 2013 di SDIT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul Perspektif Pendidikan Agama Islam. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Yogyakarta. 2016. Latar belakang penelitian ini adalah merosotnya nilai-nilai luhur Pancasila pada era globalisasi saat ini. Melalui pendidikan dalam kurikulum 13 di lembaga tingkat SD bertujuan dapat menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila kepada peserta didik agar berjiwa nasionalis dan agamis perspektif pendidikan Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana implementasi nilai-nilai luhur Pancasila dalam Kurikulum 2013 di SDIT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul?. 2) Bagaimana perspektif Pendidikan Agama Islam terhadap nilai-nilai luhur Pancasila dalam Kurikulum 2013 di SDIT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai luhur Pancasila dalam Kurikulum 2013 di SDIT Tunas Mulia Wonosari Kabupaten Gunung Kidul Perspektif Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan setting penelitian di SDIT Tunas Mulia Wonosari Gunung Kidul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif-eksploratif. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa implementasi nilai-nilai luhur Pancasila dalam Kurikulum 2013 di SDIT dapat melalui pengembangan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang selaras dengan Pancasila dan melalui pengembangan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Implementasi nilai-nilai luhur Pancasila dalam Kurikulum 2013 di SDIT Tunas Mulia melalui beberapa cara yaitu dengan pengembangan visi-misi yang bermuatan nilai luhur Pancasila, pengembangan silabus dan RPP yang terintegrasi dengan nilai Pancasila, menempatkan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menjadi bagian penting dalam pendidikan, dan melalui kegiatan pengembangan diri maupun pembiasaan. Implementasi nilai-nilai luhur Pancasila dalam Kurikulum 2013 di SDIT Tunas Mulia Perspektif Pendidikan Agama Islam dilaksanakan dengan melalui kegiatan-kegiatan ibadah dan pengembangan nilai-nilai baik nilai yang bersifat individual maupun sosial. Nilai-nilai yang bersifat individual yaitu nilai kerja dan nilai moral. Nilai kerja meliputi disiplin dan semangat kerja serta kemandirian. Nilai moral meliputi kejujuran dan kesetiaan. Nilai-nilai yang bersifat sosial yaitu nilai kebersamaan dan nilai kemasyarakatan. Nilai kebersamaan meliputi toleransi dan kepedulian. Nilai kemasyarakatan meliputi gotong royong dan musyawarah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Sutrisno, M. Ag
Uncontrolled Keywords: nilai luhur Pancasila, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Nov 2016 10:01
Last Modified: 02 Nov 2016 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22552

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum