ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT ANGGOTA DALAM MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Kasus pada BMT Amratani Utama Yogyakarta)

ARIF BUDI WIBOWO NIM: 01390676, (2009) ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT ANGGOTA DALAM MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Kasus pada BMT Amratani Utama Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sejak awal berdirinya BMT di Indonesia, lembaga ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, dari sisi kuantitas tercatat hasil yang cukup mengesankan. Untuk wilayah DIY hingga pertengahan tahun 2007, jumlah BMT telah mencapai ratusan BMT. Sedangkan BMT Amratani Group telah memiliki 15 jaringan BMT. Hal ini menimbulkan pertanyaan sejauh mana respon masyarakat, dalam hal ini pengusaha kecil, terhadap lembaga keuangan syariah pada umumnya dan BMT pada khususnya, jika ditinjau dari sudut pandang minat Anggota dalam menggunakan produk pembiayaan murabahah pada BMT Amratani Utama Yogyakarta. Hal tersebut penting diketahui sebagai masukan bagi lembaga keuangan syariah dalam meningkatkan minat anggota dalam menggunakan produk-produk layanan BMT. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), bersifat diskriptif analitik yang menggambarkan variabel independen untuk menganalisis bagaimana pengaruhnya terhadap minat anggota terhadap produk pembiayaan murabahah pada BMT Amratani Utama Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui metode survey (survey method) dengan teknik kuisioner, serta teknik wawancara (interview) untuk mendapatkan data tentang BMT Amratani Utama Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah Anggota pembiayaan Murabahah pada BMT yang menjadi obyek penelitian, sedangkan metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode pemilihan sampel acak bertujuan (random purposive sampling). Uji regresi berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel independen penelitian terhadap minat anggota dalam menggunakan produk murabahah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat anggota dalam menggunakan produk murabahah di BMT Amratani Utama. Hal tersebut didasarkan pada nilai t hitung (2.557) lebih besar dari nilai t tabel (1.701), dan nilai signifikansi (0.017) lebih kecil dari alpha (α) 0.05. Demikian pula dengan variabel keuntungan yang dirasakan nasabah, berpengaruh signifikan terhadap minat anggota BMT Amratani Utama, dalam menggunakan produk murabahah, yang didasarkan pada nilai t hitung (4.438) lebih besar dari nilai t tabel (1.701), dan nilai signifikansi (0.017) lebih kecil dari alpha (α) 0.05. Sedangkan variabel kualitas produk, tidak pengaruh signifikan terhadap minat anggota menggunakan produk murabahah di BMT Amratani Utama, didasarkan pada nilai t hitung (1.193) lebih kecil dari nilai t tabel (1.701), dan nilai signifikansi (0.244) lebih besar dari nilai alpha (α) 0.05. Pengujian variabel kualitas pelayanan, kualitas produk dan keuntungan secara bersama-sama, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap minat anggota dalam menggunakan produk pembiayaan murabahah. Hasil tersebut didasarkan pada nilai t hitung sebesar 14.021 lebih besar dari nilai t table sebesar 2.743, dan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari nilai alfa (α) 0.05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Syafiq Mahmadah, S.Ag., M.Ag. Sunaryati, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: analisis faktor, mempengaruhi, minat anggota, produk pembiayaan, murabahah
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2257

Actions (login required)

View Item View Item