PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PESANTREN MODERN (STUDI TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN MODERN DARUL HIJRAH PUTRI BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN)

KHALILURRAHMAN, NIM. 1220411195 (2016) PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PESANTREN MODERN (STUDI TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN MODERN DARUL HIJRAH PUTRI BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PESANTREN MODERN (STUDI TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN MODERN DARUL HIJRAH PUTRI BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN))
1220411195_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PESANTREN MODERN (STUDI TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN MODERN DARUL HIJRAH PUTRI BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN))
1220411195_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Khalilurrahman, Pendidikan Multikultural Di Pesantren (Studi Terhadap Pengembangan Kurikulum Pesantren Modern Darul Hijrah Putri Banjarmasin, Kalimantan Selatan). Tesis, Yogyakarta: Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya keragamana etnis, suku, ras, agama dan budaya. Satu sisi menjadi kekuatan sosial, tetapi di sisi lain keragaman tersebut menjadi penyulut konflik dan kekerasan antar masyarakat, seperti peristiwa Ambon, Poso dan Aceh. Adanya kondisi tersebut menjadi sangat penting diskursus dan implementasi multikultural. Pendidikan multikultural juga didasarkan pada keadilan sosial dan persamaan hak dalam pendidikan. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang menyelenggarakan berbagai satuan pendidikan baik dalam bentul sekolah maupun madrasah juga seyogyanya menjadikan prinsip pengembangan kurikulum yang bermuatan nilai-nilai multikultural tersebut dalam kegiatan perencanaan, implementasi, dan evaluasi kurikulumnya. Tujuan penelitian ini untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya, yaitu mengetahui pengembangan kurikulum pendidikan multikultural, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Darul Hijrah Putri Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang datanya diperoleh melalui penelitian lapangan, observasi dan dokumentasi. Penelitian lapangan mengambil tempat penelitian di Pondok Pesantren Modern Darul Hijrah, Banjarmasin yang dilaksanakan bulan Januari 2015. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penulis menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif analisis, yaitu teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan dari paparan yang ada kemudian dianalisis untuk menemukan karakteristik pesan yang dilakukan secara sistematis dan obyektif. Dari Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: pertama, perencanaan pengembangan kurikulum pendidikan multikultural di Pesantren Modern Darul Hijrah Puteri Banjarmasin, dilakukan dengan rapat koordinasi berbagai pihak, seperti yayasan, kepala sekolah, guru dan bagian kurikulum. acuan yang digunakan dalam perencanaan kurikulum menggabungkan kurikulum nasional dan kurikulum pesantren.. Kedua, pelaksanaan pengembangan kurikulum pendidikan multikultural dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran formal dan non-formal. Pembelajaran formal dilaksanakan dalam bentuk kajian akademis yang dijadikan kurikulum kompetensi, yaitu kompetensi hafidz dan baca al-Qur’an dan kompetensi kurikulum bahasa (Arab dan Inggris). Sedangkan non-formal dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler, yaitu muhadharah dan pramuka. Ketiga, evaluasi pengembangan kurikulum pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Darul Hijrah Puteri Banjarmasin, dilakukan monitoring dan evaluasi (monev) dengan tes formatif, subsumatif dan sumatif. Keberhasilan dari sebuah pelaksanaan kurikulum pendidikan multikultural dlakukan dengan prestasi akademik dan skoring penilaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Nov 2016 09:35
Last Modified: 03 Nov 2016 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22571

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum