PEMANFAATAN MEDIA PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Kelas XI Semester 2 MAN Yogyakarta III)

Uswatun Khasanah NIM: 04471202, (2009) PEMANFAATAN MEDIA PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Kelas XI Semester 2 MAN Yogyakarta III). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pengembangan media pendidikan dalam pembelajaran PAI dan usaha-usaha yang dilakukan guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dalam memanfaatkan media pendidikan pada pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terstruktur, observasi partisipant dan dokumentasi. Yang kemudian disimpulkan dengan analisis deskriptif, sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, enam guru PAI (4 guru fiqih dan 2 guru aqidah akhlak) di kelas XI dan siswa-siswi kelas XI MAN Yogyakarta III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) jenis dan macam media pendidikan yang digunakan guru dalam pembelajaran PAI yakni guru fiqih menggunakan media pendidikan seperti komputer, TV, VCD, MP3, bagan dan hand out, artikel, makalah, CD, film, portofolio/kliping koran dan demonstrasi. Sedangkan media pendidikan yang digunakan oleh guru aqidah akhlak yaitu makalah, film, komputer, TV, VCD dan buku-buku teks (2) usaha yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam pengadaan media pendidikan yaitu setiap tahun selalu mempunyai anggaran dalam membeli media yang dibutuhkan oleh guru. Usaha-usaha guru PAI mengembangkan media pendidikan dalam pembelajaran yaitu semua guru PAI membuat media pendidikan sendiri yang disesuaikan dengan materi pelajaran yang akan diajarkan dan mencari media yang relevan dengan materi. Seperti pelajaran fiqih yakni guru membuat power point, mencari VCD tentang pernikahan, mencari fatwa-fatwa MUI kontemporer, mencari film yang relevan dan materi, studi kasus yang diambil dari surat kabar dan internet dll. Sedangkan dalam pelajaran aqidah akhlak guru membuat media kartu, power point dan mencari media yang sesuai misal film (3) hasil pengembangan media pendidikan yaitu bagi guru yaitu guru lebih kreatif dan inovatif dalam mencari dan menggunakan media dalam pembelajaran, guru mengoptimalkan penggunaan fasilitas yang ada di MAYOGA, guru lebih meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan media pendidikan dan guru membuat pembelajaran menjadi lebih aktif. Sedangkan bagi siswa yaitu siswa lebih aktif, lebih berkreasi, siswa tidak bosan dalam pembelajaran PAI dan juga dengan adanya media pendidikan siswa dapat menangkap materi pelajaran lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. M. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media Pendidikan, Pembelajaran, Pedidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2259

Actions (login required)

View Item View Item