PEMBELAJARAN MAHĀRAH KITĀBAH BAHASA ARAB DI KELAS XI IPA MA ROUDLOTUSYSYUBBAN WINONG PATI DI TINJAU DARI ASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME SEYMOUR BRUNER

ETEY QOMARIAH, SPDI, NIM. 1320411164 (2016) PEMBELAJARAN MAHĀRAH KITĀBAH BAHASA ARAB DI KELAS XI IPA MA ROUDLOTUSYSYUBBAN WINONG PATI DI TINJAU DARI ASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME SEYMOUR BRUNER. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MAHĀRAH KITĀBAH BAHASA ARAB DI KELAS XI IPA MA ROUDLOTUSYSYUBBAN WINONG PATI DI TINJAU DARI ASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME SEYMOUR BRUNER)
1320411164_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN MAHĀRAH KITĀBAH BAHASA ARAB DI KELAS XI IPA MA ROUDLOTUSYSYUBBAN WINONG PATI DI TINJAU DARI ASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME SEYMOUR BRUNER)
1320411164_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran mahārah kitābah bahasa Arab di kelas XI IPA MA Roudlotusysyubban Winong Pati di tinjau dari aspek psikologi kognitif Jerome Seymour Bruner. Penelitian ini merupakan penelitian field research atau penelitian lapangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan mengambil objek penelitian di kelas XI IPA MA Roudlotusysyubban Pati. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non partisipasi (nonparticipatory observation), metode wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dengan menyusun silabus dan RPP dengan pendekatan scientific approach yang memfasilitasi peserta didik untuk aktif mencari pengetahuan baru secara mandiri melalui lima proses: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, serta mengkomunikasikan. Pendekatan saintifik ini sejalan dengan teori Jerome Seymour Bruner yang menyatakan bahwa belajar adalah proses sampai peserta didik dapat menemukan sendiri pengetahuannya. Guru berorientasi pada peserta didik untuk mencari permasalahan dan point of view. 2) Pelaksanaan yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dengan melalui lima langkah yaitu: a) persiapan mengajar, b) perhidangan materi pelajaran mahārah kitābah mencontoh, imla’ dan insya’ muwajjahah, c) asosiasi informasi materi baru dengan yang lama, d) transformasi atau kesatuan konsep, e) praktis latihan-latihan mahārah kitābah bahasa Arab. Pelaksanaan tahap pembelajaran Jerome Seymour Bruner siswa masih menggunakan objek perantara (ikonik) guru belum memaksimalkan berpikir abstrak siswa ke tahap simbolik. 3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dengan tes aspek mekanis (menyalin, dikte, pilihan ganda, melengkapi, mengidentifikasi kesalahan, dan mengidentifikasi penulisan kata yang disambung atau dipisah) dan tes yang menguji kemampuan logis berbentuk tes terbimbing insyā muwajjah (karangan tersetruktur), mencakup pengetahuan yang memadai tentang kosakata, tata bahasa, dan penggunaan bahasa tersebut. Melalui penggalian data angka dari tes dan non tes hasil kemampuan siswa dalam memecahkan masalah sesuai dengan tahap perkembangan kognitifnya, guru dapat mengetahui dan memahami kemampuan kognitif masing-masing peserta didik dalam ketuntasan belajar, para siswa memperoleh angka 75 ke atas. Ditinjau dari aspek psikologi kognitif Jerome Seymour Bruner guru memahami siswa telah memiliki kemampuan yang cukup untuk meningkatkan proses belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Mahārah Kitābah, Jerome Seymour Bruner
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Nov 2016 14:02
Last Modified: 03 Nov 2016 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22602

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum