STRATEGI MENDIDIK ANAK MENGHAFAL AL-QUR’AN SEJAK USIA DINI (Studi Kasus Terhadap Keluarga Abu Hilyah)

Nurul Qomariah, NIM: 1420430007 (2016) STRATEGI MENDIDIK ANAK MENGHAFAL AL-QUR’AN SEJAK USIA DINI (Studi Kasus Terhadap Keluarga Abu Hilyah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MENDIDIK ANAK MENGHAFAL AL-QUR’AN SEJAK USIA DINI (Studi Kasus Terhadap Keluarga Abu Hilyah))
1420430007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MENDIDIK ANAK MENGHAFAL AL-QUR’AN SEJAK USIA DINI (Studi Kasus Terhadap Keluarga Abu Hilyah))
1420430007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Hafizh Qur‟an belakangan ini mulai digandrungi kalangan umat Islam, terutama orang tua. Terlebih dengan banyaknya muncul hafizh cilik dari berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di Indonesia sendiri. Salah satu pasangan yang mampu mendidik anak mereka menghafal al-Qur‟an sejak usia dini yaitu keluarga Abu Hilyah, yang mana dalam proses mendidik anak menghafal al-Qur‟an mereka tetap memperhatikan psikologis anak, tanpa mengabaikan hak-hak anak untuk bermain dan lain sebagainya. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi keluarga Abu Hilyah dalam mendidik anak mereka menghafal al-Qur‟an sejak usia dini dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keluarga Abu Hilyah dalam mendidik anak mereka menghafal al- Qur‟an sejak usia dini, baik faktor pendukung maupun faktor penghambat. Penelitian ini merupakan jenis field research (penelitian lapangan) yang bersifat deskriptif yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian menggunakan beberapa tehnik pengumpulan data yaitu observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Untuk analisis data, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan conclusion drawing/verification. Dari hasil penelitian diketahui bahwasanya terdapat perbedaan yang signifikan antara strategi yang dilakukan oleh keluarga Abu Hilyah dengan keluarga hafizh cilik lainnya dalam mendidik anak menghafal al-Qur‟an sejak usia dini. Perbedaan tersebut adalah keluarga Abu Hilyah lebih mementingkan proses anak menghafal daripada hasil, sehingga dalam mendidik anak menghafal al- Qur‟an disesuaikan dengan kemampuan dan tahapan perkembangan anak. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keluarga Abu Hilyah dalam mendidik anak menghafal al-Qur‟an sejak usia dini yaitu: a) Faktor pendukung yang terdiri dari latar belakang pendidikan orang tua (pondok pesantren), keteladanan orang tua, peran lembaga pengajian, pemanfaatan media yang tepat, anak yang mudah diatur, lingkungan yang kondusif, dan orang tua (suami dan istri) yang saling mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: anak masih ingin bermain, anak sakit, ketidaksabaran orang tua, kesibukan orang tua dan orang tua kurang istiqomah. Kata kunci: strategi, mendidik, menghafal al-Qur’an, anak usia dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. A. Janan Asifuddin, M.A
Uncontrolled Keywords: strategi, mendidik, menghafal al-Qur’an, anak usia dini
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Nov 2016 14:04
Last Modified: 03 Nov 2016 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22603

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum