EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PENGENALAN VOCABULARIES PESERTA DIDIK TK NEGERI PEMBINA SAMBAS KALIMANTAN BARAT TAHUN 2015

Saripah, NIM: 1420430012 (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PENGENALAN VOCABULARIES PESERTA DIDIK TK NEGERI PEMBINA SAMBAS KALIMANTAN BARAT TAHUN 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PENGENALAN VOCABULARIES PESERTA DIDIK TK NEGERI PEMBINA SAMBAS KALIMANTAN BARAT TAHUN 2015)
1420430012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PENGENALAN VOCABULARIES PESERTA DIDIK TK NEGERI PEMBINA SAMBAS KALIMANTAN BARAT TAHUN 2015)
1420430012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tesis ini dilatarbelakangi setelah peneliti melakukan observasi di kelompok B di TK Negeri Pembina Sambas dan menemukan permasalahan dalam pengenalan bahasa Inggris terutama dalam mengenalkan vocabularies masih menggunakan media kartu bergambar. Hal ini membuat peserta didik belum begitu tertarik dalam belajar bahasa Inggris. Maka dari itu, peneliti ingin mengenalkan vocabularies pada peserta didik di TK Negeri Pembina Sambas dengan menggunakan media audio visual. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektifan penggunaan media audio visual dalam pengenalan vocabularies peserta didik di TK Negeri Pembina Sambas. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B di TK Negeri Pembina Sambas yang berjumlah 15 orang. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitafif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan efektivitas pengenalan vocabularies pada peserta didik. Simpulan hasil penelitian ini mendeskripsikan tingkat efektivitas pengenalan vocabularies pada peserta didik sebelum dilakukan tindakan kelas menunjukkan capaian 8,89% , setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I meningkat mencapai 26,88 % , tetapi pada siklus I tersebut masih belum mencapai target standar ketuntasan belajar yang ada di TK Negeri Pembina Sambas, sehingga peneliti melakukan tindakan pada siklus II. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus II meningkat mencapai 57,09 %, hasil tindakan kelas pada siklus II juga belum memenuhi target standar ketuntasan belajar yaitu setiap indikator minimal mencapai 70%. Oleh karena itu, peneliti melanjutkan tindakan kelas pada siklus III. Hasil tindakan kelas pada siklus III meningkat mencapai 78,57 %. Jadi pada siklus III capaian hasil tindakan kelas yang dilakukan peneliti sudah mencapai target tingkat keefektifan dalam pengenalan vocabularies. Artinya, penelitian ini dikatakan tuntas. Kata Kunci: Media Audio Visual, Vocabularies , TK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Na'irnah, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Vocabularies , TK
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Nov 2016 14:07
Last Modified: 03 Nov 2016 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22606

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum